Kerajaan Majapahit, Dibentengi Gapura Megah dengan Alun-alun yang Dikelilingi Jalur Air Pengendali Banjir

Kamis, 29 Desember 2022 - 05:31 WIB
loading...
A A A
Pengendalian banjir pada masa Kerajaan Majapahit juga banyak diadopsi. Diketahui, ibu kota Kerajaan Majapahit dikelilingi oleh jaringan jalur air yang lebar dan dalam, serta mempunyai jalan keluar ke Kali Brantas.



Adapun sumber air ibu kota Kerajaan Majapahit berasal dari sungai-sungai yang ada di sebelah selatan ibu kota.

Sayang, peta utuh Kerajaan Majapahit hingga saat ini tidak pernah ditemukan. Para ahli telah berusaha membuat gambar peta itu, dengan acuan kitab Negarakertagama yang ditemukan pertama kali di Lombok, pada 1902.

Tercatat, rekonstruksi Kota Majapahit telah dilakukan oleh Kern pada 1905 dan 1914. Hasilnya lalu dipublikasikan oleh Kern dan Poerbatjaraka. Tetapi sketsa kasar itu menuai kritik dari sejumlah peneliti lainnya.



Mengikuti jejak Kern, Stuterheim pada 1914 dan Pigeaud tahun 1960-1963 membuat kembali rekonstruksi ibu kota Majapahit itu. Kedua peneliti ini juga saling silang pendapat. Acuan terhadap peta itu pun terus berpolemik.

Sementara para ahli terus berpolemik, kitab Negarakertagama terus menjadi acuan penulisan Kerajaan Majapahit.

Dalam kitab itu disebutkan, bahwa inti pusat Kerajaan Majapahit terdiri dari sebuah sentrum ganda dan terdapat beberapa daerah suci. Salah satu yang terpenting adalah tempat pemujaan di sebelah timur alun-alun Lor.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)