Arya Damar, Ahli Mesiu Kerajaan Majapahit Sang Penakluk Kerajaan Bali

Selasa, 02 November 2021 - 05:00 WIB
loading...
Arya Damar, Ahli Mesiu Kerajaan Majapahit Sang Penakluk Kerajaan Bali
Arya Damar pada mulanya merupakan kepala pabrik mesiu atau orang yang dipercaya mengurusi kebutuhan mesiu untuk militer Kerajaan Majapahit. Foto/Ilustrasi.Dok.SINDOnews
A A A
KERAJAAN Majapahit begitu kuat di masa kejayaannya. Kumpulan kekuatan itu tak lepas dari hadirnya ahli perang yang mampu mengunci pergerakan musuh dan majunya peradaban Majapahit waktu itu. Salah satunya senjata perang yang bisa membuat langkah musuh untuk berjalan mundur.

Nama Arya Damar tak akan pernah pudar. Meskipun jejaknya misterius, ia tetaplah seorang pemimpin legendaris yang berkuasa di Palembang pada pertengahan abad ke-15 Masehi sebagai bawahan Kerajaan Majapahit. Ia juga banyak dikenal dengan nama lainnya seperti Ario Damar atau Ario Abdilah.



Menurut kronik Tiongkok dari Kuil Sam Po Kong Semarang, Arya Damar juga memiliki nama Tionghoa yaitu Swan Liong (Naga Berlian). Namanya tanpa nama marga di depannya, karena ibunya merupakan wanita peranakan Tionghoa.

Arya Damar pada mulanya merupakan kepala pabrik mesiu atau orang yang dipercaya mengurusi kebutuhan mesiu untuk militer Kerajaan Majapahit. Terutamanya sebagai bahan peledak meriam yang saat itu pabriknya didirikan di Semarang.

Keahliannya dalam bidang mesiu dan persenjataan modern di zamannya membuat Arya Damar naik menjadi pejabat dengan dipindahkan oleh Ratu Kerajaan Majapahit ke Palembang. Dia di Bumi Sriwijaya diangkat menjadi seorang Adipati.

Dipilihnya Arya Damar sebagai Adipati Palembang tentu mempunyai alasan tersendiri. Sebab waktu itu Palembang merupakan salah satu pangkalan barat angkatan laut Majapahit di luar Jawa.



Sehingga memerlukan pimpinan yang paham betul soal senjata, terutamanya meriam dan mesiunya. Kekuatan itu yang melambungkan namanya.

Arya Damar, Ahli Mesiu Kerajaan Majapahit Sang Penakluk Kerajaan Bali

Foto/Ist
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3263 seconds (0.1#10.140)