Sri Aji Kresna Kepakisan, Penguasa Bali yang Dikendalikan oleh Majapahit

Senin, 19 Desember 2022 - 08:32 WIB
loading...
A A A
Sementara dilansir dari gelgel.desa.id, disebutkan, Kepakisan berasal dari kata dasar Pakis, yang berarti Paku. Gelar Kepakisan diberikan kepada Brahmana yang ditugasi sebagai Raja atau Kesatria.



Gelar Kepakisan yang diberikan kepada Kesatria adalah, Sira-Arya Kepakisan, yang merupakan keturunan Sri Jayasabha, berasal dari keturunan Maha Raja Airlangga, Raja Kahuripan (Jawa). Gelar Paku di Jawa, pertama kali digunakan oleh Susuhunan Kartasura, Paku Buwono I pada tahun 1706 M.

Diceritakan Mpu Wira Dharma berputra tiga orang yaitu, Mpu Lampita, Mpu Adnyana, Mpu Pastika. Selanjutnya Mpu Pastika berputra dua orang yaitu, Mpu Kuturan berasrama di Lemah Tulis, dan Mpu Beradah pergi ke Daha serta menjadi pendeta kerajaan atau bhagawanta dari Raja Airlangga, dan dikaitkan dengan cerita Calonarang yang amat terkenal diBali.

Mpu Beradah berputra seorang yang bernama Mpu Bahula, yang kemudian kawin dengan Ratnamanggali. Dari perkawinan ini lahir beberapa putra, yaitu Mpu Panawasikan, Mpu Asmaranatha, Mpu Kepakisan dan Mpu Sidimantra.

Mpu Panawasikan berputra, Mpu Angsoka, Mpu Nirartha. Mpu Kepakisan berputra empat orang, yaitu tiga putra dan seorang putri. Putra yang bungsu Mpu Kresna Kepakisan diangkat menjadi Raja di Bali.

Sri Kresna Kepakisan yang menjadi Raja di Bali, dipercaya sebagai keturunan dari Brahmana, yang kebangsawanannya diubah menjadi kesatria atau dari Danghyang atau Mpu menjadi Sri.



Sri Aji Kresna Kepakisan, mulai memimpin pemerintahan Kerajaan Bali Dwipa, pada tahun 1350 M atau 1272 Isaka. Oleh penduduk Bali, disebut sebagai I Dewa Wawu Rawuh atau Dalem Tegal Besung. Dalam Perjalanannya dari Majapahit, ke Pulau Bali, rombongan dari Majapahit tersebut mendarat di Pantai Lebih, kemudian ke arah timur laut menuju Samprangan

Dalam pemerintahannya, Sri Kresna Kepakisan didampingi oleh Arya Kepakisan atau Sri Nararya Kresna Kepakisan yang menjabat sebagai Patih Agung, berasal dari Dinasti Warmadewa yang merupakan keturunan raja atau kesatria Kediri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4092 seconds (0.1#10.140)