Begini Rangkaian Akad Nikah Kaesang-Erina Adat Jogjakarta dan Maknanya

Rabu, 07 Desember 2022 - 00:15 WIB
loading...
A A A
Kemudian pengantin putri akan membersihkan kaki suami dengan upacara yang namanya Ranupodo. Upacara ini merupakan simbol pengakuan suami adalah pemimpinnya, pemimpin keluarganya.

Air sebagai lambang ilmu pengetahuan. Air merupakan lambang hidup kehidupan. Bunga setaman semoga langkah mereka selalu langkah kautaman. Kemudian manten putri dibimbing berdiri. "Selain itu, berlanjut upacara wijidadi atau mecah tigan (telur),"lanjutnya.

Makna mecah tigan itu sebagai simbol lahir dan mati, merupakan kuasa Tuhan dan manusia sekadar menjalani. Tigan itu dipecah di atas nampan. Menurut Wigan, tigan yang dipecah sebagai simbol semoga pengantin dikaruniai keturunan.

Kemudian pengantin putri akan berjalan pradaksina atau memutar jalur jam. Upacara ini merupakan ritual dari zaman budaya-budaya nusantara yang lama dan masih banyak dilestarikan hingga saat ini.

Pengantin perempuan kemudian berada di samping kiri pengantin laki-laki. Posisi ibu Gudono dan Alen, kakak Erina yang mewakili almarhum sang ayah, mengikuti menuju pelaminan. Di pelaminan itu dilaksanakan upacara Bubak Kawah Ngunjuk Rucat Degan.

" Upacara ini menandakan kegiatan mantu pertama dari keluarga Erina,"tambahnya.

Setelah itu ada upacara Tompo Koyo. Dalam adat Surakarta, kata Wigan, bernama Kacar-kucur, yang bermakna tumbuh, bersemi, berbunga, berbuah kebahagiaan benih-benih bibit yang berbobot itu untuk keluarga.

Kemudian ada upacara dlingo-bengle dan dhahar klimah (makan nasi kuning). Proses akan diakhir penjemputan besan, dalam hal ini Presiden Joko Widodo. Naman upacaranya adalah methuk (menjemput) besan.

"Mas Alen dan bu Gudono akan menyambut pak Joko Widodo dan ibu Iriana, diantar ke tempat duduk besan,” ungkapnya.

Nantinya, Jokowi bersama Iriana Jokowi akan duduk di sebelah kiri kedua mempelai selama prosesi berlangsung. Namun ketika nanti akan ada salaman ucapan selamat dari tamu, maka akan diupayakan posisi duduk Jokowi bersama Iriana berpindah ke kanan kedua mempelai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)