Begini Rangkaian Akad Nikah Kaesang-Erina Adat Jogjakarta dan Maknanya

Rabu, 07 Desember 2022 - 00:15 WIB
loading...
Begini Rangkaian Akad Nikah Kaesang-Erina Adat Jogjakarta dan Maknanya
Kaesang Pangarep mengikuti gladi bersih pernikahan di Royal Ambarukmo, Sleman, DIY, Selasa (6/12/2022). Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah
A A A
JOGJAKARTA - Akad nikah Putra Presiden RI Joko Widodo , Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono akan mengusung adat Jgjakarta di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman , Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (10/12/2022). Di tempat tinggal Sri Sultan HB VII inilah janji suci akan diucapkan.

Budayawan sekaligus Wedding Organizer Pernikahan Production, Wigung Wratsangka mengatakan, prosesi awal yang akan dilaksanakan yakni akad pernikahan yang dipimpin Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Depok, Muhammad Wiyono.

Rangkaiannya akad nikah sendiri sesuai dengan adat Jogjakarta dengan acuan dari Keraton Jogjakarta. "Meski ada acuan dari Keraton Jogjakarta tetapi tidak sama. Musti ada perubahan karena yang menyelenggarakan orang biasa," tuturnya.



Dia menambahkan, di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo memang digunakan sebagai lokasi khusus acara inti akad nikah, dilanjutkan upacara ritual adat Jawa panggih pengantin dengan tradisi Jogjakarta.

Rangkaian tradisinya sendiri akan diawali dengan penyerahan calon pengantin putra usai akad pernikahan. Calon mempelai kemudian dibawa ke mimbar dan dilanjutkan pemeriksaan rukun-rukun pernikahan, di antaranya adanya calon pengantin putra dan putri, wali nikah, saksi-saksi.



"Hal itu disesuaikan dengan data di KUA serta dilakukan pengecekan mahar atau maskawin," beber dia.

Setelah dipastikan lengkap, dilanjutkan ijab kabul, penandatanganan buku nikah, penyerahan buku nikah oleh pencatat nikah, dan penyerahan mahar. Setelah itu kemudian akan ada acara pemakaian cincin. Setelah itu mempelai dibawa ke pelaminan didampingi ayah dan ibu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6388 seconds (0.1#10.140)