Menparekraf Apresiasi Poltekpar Medan, 70 Persen Lulusan Terserap ke Industri Parekraf

Selasa, 01 November 2022 - 12:30 WIB
loading...
Menparekraf Apresiasi Poltekpar Medan, 70 Persen Lulusan Terserap ke Industri Parekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Solahudin Uno saat menghadiri wisuda lebih dari 400 mahasiswa Poltekpar Medan
A A A
MEDAN - Sekitar 70 persen lulusan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan telah terserap ke industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Sedangkan 30 persen lain membuka lapangan kerja mandiri.

Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Solahudin Uno saat menghadiri proses wisuda lebih dari 400 mahasiswa Poltekpar Medan di Regale Convention Center, Jalan Adam Malik, Kota Medan, Selasa (1/11/2022).

"Kita mengapresiasi Poltekpar Medan ini karena lulusannya tidak ada yang menganggur," kata Sandi.

Sandi berharap, Poltekpar Medan dan Poltekpar-Poltekpar lain di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat terus meningkatkan kapasitasnya dan bertransformasi menjadi pusat keunggulan (center of exellence) bagi pariwisata global.

Sehingga hadir sumber daya manusia pariwisaya yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan target kunjungan wisatawan yang kini terus digenjot pemerintah.

Baca juga: Sandiaga Sebut Bangunan Bersejarah Jadi Keunggulan Pariwisata di Medan

Sandi menyebut, tahun ini pemerintah menargetkan penciptaan 1,1 juta lapangan kerja di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif dan 4,4 juta hingga tahun depan.

"Jadi pertahun kita targetkan 1,1-1,4 juta lapangan kerja. Sehingga pada tahun depan akumulasinya mencapai 4,4 juta," papar Sandi.

Sandi juga menyebut Indonesia kini naik 12 peringkat pada index pengembangan pariwisata global. Indonesia kini sejajar dengan negara tetangganya seperti Malaysia dan Thailand.

"Diproyeksikan dalam 18 bulan ke depan kita akan berada di atas Thailand, Vietnam dan Malaysia. Jadi memang Industri ini sangat menjanjikan," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)