Keris Kyai Carubuk, Pusaka Sakti yang Kalahkan Kesaktian Kyai Setan Kober Arya Panangsang

Selasa, 04 Oktober 2022 - 05:03 WIB
loading...
A A A
Sunan yang membaca kegelisahan hati sahabatnya itu langsung meyakinkannya bahwa besi bakal pisau tersebut, hanya ukurannya saja yang kecil tetapi sebenarnya besar seperti gunung. Ucapan Suanan seketika membuat mata Mpu Supa terbuka. Ia melihat beji besi seukuran biji asam tersebut sungguh sebesar gunung.

Keanehan itu pun membuatnya bertambah takut. Namun perlahan sang mpu menyadari bahwa sahabatnya itu merupakan seorang wali yang dikasihi sang pencipta kehidupan. Kesadaran ini perlahan membuat Mpu Supa dapat mengendalikan perasan gugupnya dan meminta penuntunan hidup kepada Sunan Kalijaga menuju keyakinan yang hakiki.

Setelah tantangan itu dilewatinya, Mpu Supa menyatakan sanggup untuk mengerjakan pesanan sahabatnya itu. Sunan pun pamit pulang usai mendengar sahabatnya menyanggupi.

Konon, setelah memesan dibuatkan pisau, Sunan Kalijaga sempat lupa kalau dirinya pernah memesan sebilah pisau pada Mpu Supa. Mpu Supa pun tidak diberi batas waktu kapan dia harus menyelesaikan pekerjaan itu. Beberapa tahun kemudian, saat Sunan Kalijaga ingat akan pesanannya, ia kembali menemui Mpu Supa dan menanyakan hasilnya.

Ketika bertemu Mpu Supa, giliran Sunan yang terkejut. Ia terkejut saat pesanan itu diberikan kepadanya. Bagaimana tidak, pisau pesanannya itu berwujud sebilah keris yang indah dan memiliki pawakan wujud dengan karisma tinggi. Sunan tak pernah membayangkan hasilnya bakal seindah itu.

Karena suka citanya yang begitu besar, Sunan Kalijaga meneteskan air mata seraya memeluk Mpu Supa. Keris dengan luk 7 tersebut dinamainya Keris Kyai Carubuk. Keris ini menjadi senjata pusaka milik Sunan Kalijaga. Sunan menggunakan senjata ini dalam berbagai pertempuran yang dia hadapi.

Carubuk sendiri memiliki arti "bagaikan bumi". Keris Pusaka Kyai Carubuk memiliki filosofi agar manusia bisa menerima segala situasi, baik yang dia suka maupun tidak suka, dengan lapang dada.

Kata Carubuk juga bisa dimaknai sebagai "ceroboh" dan terburu-buru. Keris ini konon bisa membuat lawan tergesa-gesa dan ceroboh dalam bertarung.

Keris Kyai Carubuk kemudian dihadiahkan kepada Sultan Hadiwijaya atau Jaka Tingkir yang tidak lain adalah muridnya sendiri. Keris ini menjadi senjata sakti yang mengantar Jaka Tingkir menuju tampuk kekuasaan sebagai Raja Pajang. Keris Kyai Carubuk digunakan Jaka Tingkir dalm pertempuran melawan Arya Penangsang yang menggunakan Keris Kiai Setan Kober.
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)