alexametrics

Rian Ernest: Verifikasi Penting untuk Mengecek Keabsahan Dukungan

loading...
Rian Ernest: Verifikasi Penting untuk Mengecek Keabsahan Dukungan
Pilwako Batam memasuki babak baru, KPUD mulai melakukan verifikasi data dukungan pasangan independen Rian-Yos pekan ini. (Ist)
A+ A-
BATAM - Pilwako Batam memasuki babak baru, KPUD mulai melakukan verifikasi data dukungan pasangan independen Rian-Yos pekan ini. Ditemukan beberapa data tidak valid dan warga yang merasa tidak mendukung pasangan tersebut. Rian Ernest menerangkan. "Kami sudah mendengar informasi yang beredar mengenai adanya warga yang tidak merasa memberikan dukungan kepada kami," ujar Ernest.

Rian menambahkan, pihaknya sedang menelusuri fakta dan melakukan verifikasi internal. "Tentu yang bersangkutan juga bisa mendatangi Posko pemenangan Batam Baru jika ada hal yang dirasakan tidak sesuai," sebutnya.

Rian menegaskan komitmen pasangannya terhadap proses demokrasi dan verifikasi yang sedang berlangsung. "Saya yakin rekan-rekan wartawan dan masyarakat tahu betul rekam jejak saya, dan bisa saya pastikan, komitmen saya dan Kak Yos adalah untuk menjalani seluruh tahapan pilkada ini dengan jujur, dan berpegang pada aturan yang berlaku," katanya.

Sebagai satu-satunya calon independen di Batam, proses verifikasi ini adalah tahapan yang harus dihadapi oleh Kandidat Independen dalam Pilkada. Rian menjelaskan, justru temuan itu menegaskan pentingnya verifikasi dilakukan oleh KPUD.



"Inilah tujuan dari verifikasi faktual. Ini menjadi tahapan yang penting bagi penyelenggara pemilihan, dan juga penting bagi kami, karena ini menjadi kesempatan bagi kami untuk memperbaiki data pendukung kepada mereka yang benar-benar mendukung ide perubahan yang terkandung dalam Batam Baru," sebutnya.

Rian juga tidak lupa menyampaikan apresiasi pada pelaksana dan pengawas Pilkada. "Kami mendukung KPU dan Bawaslu Batam untuk melanjutkan seluruh tahapan ini dengan profesionalisme dan integritas tinggi demi kemajuan kota Batam," katanya.



Dalam kesempatan terpisah, anggota KPUD Kota Batam William Seipatiratu menerangkan bahwa pihaknya tidak menapik adanya sejumlah warga yang mengaku tidak pernah memberikan dukungan pada pasangan itu, tapi KTP nya tercantum. "Cukup banyak, tapi belum bisa kami rincikan, karena verifikasi ini masih berlangsung," sebutnya.

Namun William memastikan bahwa jika ada dara yang tidak valid pasti akan dicoret sesuai mekansime yang berlaku. Kalau benar tak pernah beri dukungan, maka isi formulir itu, maka, dukungannya akan dicoret,” pungkasnya
(nag)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak