Ratusan Personel TNI Diterjunkan Amankan PSU Pilkada Halmahera Utara

Senin, 26 April 2021 - 13:32 WIB
loading...
Ratusan Personel TNI Diterjunkan Amankan PSU Pilkada Halmahera Utara
Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra memimpin langsung apel pelepasan personel pengamanan PSU di halaman Makodim 1508/Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Senin (26/4/2021)
A A A
HALMAHERA UTARA - Ratusan personel Kodim 1508/Tobelo disiapkan untuk mengamankan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Halmahera Utara (Halut) di empat TPS dan satu TPS susulan di dalam kawasan tambang PT. NHM.

Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra memimpin langsung apel pelepasan personel pengamanan PSU di halaman Makodim 1508/Tobelo Kabupaten Halmahera Utara, Senin (26/4/2021). Pemungutan Suara Ulang akan dilaksanakan pada Rabu (28/2021) lusa.

Baca juga: Awak KRI Nanggala 402 Keluarkan Baju Penyelamat, Tapi Tak Sempat Dipakai

Dalam arahannya Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra mengatakan, gelar pasukan ini sangat penting kita lakukan sebagai langkah untuk mengetahui kesiapan personel kita yang akan kita gunakan sebagai operasional kesiapsiagaan pengamanan.

"Seluruh prajurit harus mematuhi kewajiban dan larangan yang dituangkan dalam buku saku prajurit tentang netralitas TNI, tetap berikan rasa aman kepada masyarakat serta tetap jaga kondusifitas wilayah selama melaksanakan kegiatan pengamanan," ucapnya.

Baca juga: 2 Pekan Ramadhan, Belum Ada Lonjakan Penumpang Dari Wilayah Daop 8 Surabaya

Ia juga menegaskan kepada anggotanya agar tegak menjaga netralitas dalam melaksanakan tugas. "Bahwa dalam netralitas TNI telah dituangkan dalam UU RI Pasal 39 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI disebutkan, Prajurit dilarang terlibat dalam kegiatan politik praktis. Tetap jaga Netralitas TNI selama melaksanakan pengamanan dan pegang teguh prosedur saat melaksanakan tugas pengamanan," tegasnya.

Dalam kegiatan pengamanan PSU itu, Kodim 1508/Tobelo menerjunkan 100 prajurit ditambah 1SSK yang akan di tugaskan di lima Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Seluruh personel tetap memegang teguh Netralitas TNI, selalu waspada terhadap setiap ancaman yang setiap saat bisa datang serta pengamanan personil maupun materiil yang digunakan," pungkasnya.

Untuk diketahui, PSU di Kabupaten Halmahera Utara dilaksankan di lima (TPS), yakni TPS susulan di satu TPS di lingkungan PT. Nusa Halmahera Minerals, TPS 02 Desa Tetewang Kecamatan Kao Teluk, TPS 07 Desa Rawajaya Kecamatan Tobelo, serta TPS 01 dan TPS 02 Desa Supu Kecamatan Loloda Utara.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)