Kencing Sembarangan di Gunung Bromo, Turis Asing Minta Maaf

Rabu, 14 September 2022 - 21:40 WIB
loading...
A A A
"Kami tidak bermaksud menghina Anda dengan sengaja dan yang terjadi adalah 100 persen, karena kurangnya pengetahuan dan kurangnya pendidikan di pihak kami. Kami ingin menggunakan kehadiran media saat ini untuk mendidik orang-orang seperti kami dan menyebarkan kesadaran tentang ketidaktahuan budaya," paparnya.

Di sisi lain tokoh adat Suku Tengger Probolinggo Supoyo mengaku sudah menerima permintaan maaf secara terbuka sang turis di Instagram. Tetapi pihaknya mengimbau agar tindakan tersebut jangan pernah diulangi lagi. "Sudah cukup," jawab Supoyo singkat.

Baca juga: Parah! Mantan Anggota DPRD Probolinggo Konsumsi Sabu agar Pikiran Tenang

Sebelumnya diberitakan dalam sebuah video berdurasi 25 detik yang diunggah oleh akun Instagram @hometown.earth terlihat seorang turis asing tengah kencing ke arah kawah Gunung Bromo.

Aksi turis berambut pirang yang diikat ini sontak menuai kecaman, khususnya dari warga Suku Tengger yang menganggap Gunung Bromo adalah gunung suci. Video ini pun dihapus oleh akun tersebut dan tak tampak lagi.

Kecaman dari video itu memperlihatkan bagaimana kesakralan Gunung Bromo. Apalagi di puncak kawah Gunung Bromo itulah biasanya masyarakat Tengger melarung atau membuang sesajen selepas Upacara Yadnya Kasada. Upacara itu membuktikan bagaimana Gunung Bromo disakralkan dan dianggap menjadi tempat tinggal dewa.
(nic)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3547 seconds (11.252#12.26)