Pengidap HIV-AIDS di Sulsel Mencapai 26 Ribu Orang

Minggu, 21 Agustus 2022 - 23:30 WIB
loading...
Pengidap HIV-AIDS di Sulsel Mencapai 26 Ribu Orang
Jumlah pengidap HIV/AIDS di Sulawesi Selatan (Sulsel) mencapai 26 ribu orang. Angka ini merupakan akumulasi kasus sejak tahun 2005. Foto: Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Jumlah pengidap HIV/AIDS di Sulawesi Selatan (Sulsel) mencapai 26 ribu orang. Angka ini merupakan akumulasi kasus sejak tahun 2005.

Dari jumlah tersebut, pengidap HIV/AIDS terbanyak ada di Kota Makassar, Jumlahnya bahkan mencapai 50 persen atau sekitar 15 ribu orang.

Koordinator Pengelola Program di Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Provinsi Sulsel menyebut, data tersebut merupakan akumulasi jumlah pengidap sejak tahun 2005. Rata-rata, mereka tertular akibat transimisi seksual.

Baca Juga: Kemenkes Siapkan Program Lawan HIV AIDS

"Setiap tahun ada 600-700 kasus baru di Sulsel dan sudah masuk ke semua populasi," ungkap Andi Akbar.

Menurut Andi Akbar, selama ini banyak yang beranggapan jika pengidap HIV/AIDS hanya kalangan tertentu. Padahal, di semua kalangan sudah ada yang terinfeksi, termasuk anak-anak.

"Di Makassar sejauh ini tercatat 62 orang anak di yang sementara terapi ARV (anti retroviral), artinya mereka sudah positif HIV," tuturnya.

Dia menyatakan, penularan HIV dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Hal itu disebabkan sangat sedikit pengidap HIV/AIDS yang bisa dijangkau untuk dilakukan terapi.

Dari 15 ribu orang pengidap HIV/AIDS di Makassar, hanya 3 ribu orang yang menjalani terapi. Akibatnya, penularan cukup sulit ditekan.

Dalam menjangkau pengidap HIV/AIDS untuk diterapi pun tidak mudah untuk dilakukan. Stigma dan diskriminasi yang diberikan kepada mereka, membuat mereka terus merahasiakan statusnya sebagai orang dengan HIV/AIDS (ODHA).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2272 seconds (10.55#12.26)