Nadiazia, Siswi SMK RUS Kudus Merasa Bangga Berkolaborasi dalam Mahakarya Vokasi

Sabtu, 30 Juli 2022 - 18:46 WIB
loading...
A A A
Nadia pun merasa senang karena banyak pengalaman yang diperolehnya selama mengerjakan proyek VokasiLand ini. Dengan berkolaborasi,Nadia punmengakuiwawasannya menjadi bertambah. “Banyak ilmu baru yang saya peroleh,”tuturnya.

Hobi Gambar Sejak Kecil
Bagi Nadia, menggambar sudah menjadi hobinya sejak kecil. Bakatnya menggambar mulai terasah ketika ia duduk di kelas 6 sekolah dasar (SD). “Saat itu saya sudah bisa menggambar kartun,” katanya mengenang.

Pilihannya untuk menekuni dibidang menggambar, semakin kuat ketika Nadia duduk di bangku SMP. Karena itulah, setelah tamat SMP, Nadia ingin melanjutkan ke SMK yang memiliki jurusan menggambar.

Hanya saja persoalannya, tidak banyak sekolah kejuruan yang memiliki jurusan desain komunikasi visual. Nah, salah satu sekolah yang memiliki jurusan tersebut adalah SMK RUS, Kudus, Jawa Tengah. “Cuma di SMK RUS yang ada jurusan itu,” katanya.

Meski begitu, niat Nadia untuk melanjutkan ke jurusan desain komunikasi visual tidak surut, meskiharus hijrah dari kota kelahirannya di Semarang ke Kudus.
Terlebih, Nadia pun bersyukur memiliki orang tua yang sangat mendukung cita-citanya. “Orang tua sangat mendukung minat dan bakat saya,” terangnya.

Selain guna menekuni bidang animasi, keinginan Nadia untuk melanjutkan ke SMK RUS juga untuk menyalurkan hobinya, yakni menggambar. Selain itu, dirinya juga senang dengan pembelajaran yang tidak terlalu banyak menyajikan teori, melainkan lebih banyak praktik. “Sekolah di sini menyenangkan, dan kreativitas bisa berkembang,” ungkapnya.

Tak hanya itu, diakui Nadia, guru-guru di SMK RUS juga selalu memberikan dukungan yang besar terhadap kreativitasnya. “Kalau ada yang kurang paham, saya bisa berdiskusi untuk menemukan solusi,” ujarnya.

Layaknya di pendidikan kejuruan lain, SMK RUS juga memiliki program magang di indusri. Dengan mengikuti program magang di Studio Animasi SMK RUS, Nadia mengaku dilatih untuk mengerjakan proyek-proyek yang nyata dengan pembelajarannya berbasis proyek (projectbaselearning/PBL). “Pembelajarannya seperti kita bekerja di industri ,” kisahnya.

Yang lebih penting lagi, di Studio Animasi ini Nadiajuga banyak berkenalan dengan para animator andal. “Saya jadi termotivasi untuk terus berlatih, dan mengembangkan karier sebagai animator,” katanya.

Ke depan, Nadia berkeinginan mengembangkan animasi di Indonesia melalui berbagai hasilkaryanya. “Saat ini saya tengah membuat gantungan kunci bergambar kartun,” ujarnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1968 seconds (11.97#12.26)