Hebat! Ridwan Kamil Raih Penghargaan Bergengsi Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Rabu, 20 Juli 2022 - 14:07 WIB
loading...
Hebat! Ridwan Kamil Raih Penghargaan Bergengsi Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kembali mengukir prestasi. Kali ini, orang nomor satu di Jabar itu dinilai berhasil menjadi ujung tombak atau garda terdepan dalam upaya pemulihan lingkungan hidup. Foto SINDOnews
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kembali mengukir prestasi. Kali ini, orang nomor satu di Jabar itu dinilai berhasil menjadi ujung tombak atau garda terdepan dalam upaya pemulihan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia.

Atas prestasinya itu, Ridwan Kamil diganjar penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta hari ini, Rabu (20/7/2022). Ridwan Kamil menjadi salah satu kepala daerah dari 42 kepala daerah di Indonesia yang menerima penghargaan bergengsi tersebut. Baca juga: Mampu Dongkrak Pemilih, Ridwan Kamil Cocok untuk Capres 2024 yang Butuh Suara di Jabar



KLHK juga menyerahkan penghargaan Kalpataru tahun 2022 kepada 10 warga penerima. Penghargaan bakal diserahkan langsung Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong dan disaksikan langsung Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Ma'ruf Amin.

Penghargaan Nirwasita Tantra dan Penganugerahan Kalpataru merupakan wujud penghargaan pemerintah pusat kepada para pemimpin daerah dan pejuang lingkungan yang telah menjadi ujung tombak atau garda terdepan dalam upaya pemulihan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia.

Sedangkan Penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2022 diserahkan kepada 42 pemimpin daerah terbaik yang dibedakan dalam kategori provinsi, kabupaten besar, kabupaten sedang, kabupaten kecil, kota besar, kota sedang dan kota kecil. Tiap kategori diberikan kepada 3 kepala daerah terbaik, 3 DPRD terbaik, dan 5 pemerintahan terbaik.

Ridwan Kamil menerima penghargaan Nirwasita Tantra atau Green Leadership tingkat nasional sebagai kepala daerah yang dalam kepemimpinannya berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup. Baca juga: Survei CiGMark: Ridwan Kamil Masuk Top Of Mind Capres dan Cawapres 2024

Penetapan pemenang sesuai SK Penghargaan Kalpataru tahun 2022 berdasarkan Surat Keputusan Menteri LHK Nomor SK.533/MENLHK/PSKL/PSL.3/5/2022 tanggal 30 Mei 2022 dan SK Penetapan Penerima Penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2022 berdasarkan Surat Keputusan Menteri LHK Nomor 161, 162,dan 553.

Sejak mulai diselenggarakannya Penghargaan Nirwasita Tantra pada tahun 2016 dan berjalan sampai dengan tahun ini, tercatat sebanyak 1.137 peserta penerima yang dilihat dari jumlah pengirim Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) kepada KLHK.

Jumlah tersebut terdiri dari 145 orang yang berasal dari 34 provinsi, 691 berasal dari kabupaten, dan 301 orang dari kota. Pada tahun 2022, proses penentuan pemenang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu pengiriman dokumen, penapisan tahap awal, penapisan tahap 2, dan pembuatan video klarifikasi, dan pengumuman pemenang.
(don)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1887 seconds (11.210#12.26)