Khawatir Merusak Lingkungan, Warga Sidamanik Protes Konversi Teh ke Sawit

Rabu, 15 Juni 2022 - 11:56 WIB
loading...
Khawatir Merusak Lingkungan, Warga Sidamanik Protes Konversi Teh ke Sawit
Warga dua desa di kecamatan Sidamanik, kabupaten Simalungun menolak konversi tanaman teh menjadi kelala sawit di kebun Sayur Bah Butong, Selasa (14/6/2022). Foto ist
A A A
SIMALUNGUN - Warga dua desa di Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun melakukan aksi penolakan terhadap konversi tanaman teh menjadi kelapa sawit di lokasi Afdeling I kebun Sayur Bah Butong, Selasa (14/6/2022).



Dalam aksinya perwakilan warga ,O Simbolon, Tanjaya Saragih dan Marsudin Damanik menyampaikan alasan penolakan konversi teh ke kelapa sawit. Menurut mereka, konversi itu dikhawatirkan berdampak pada kerusakan lingkungan bahkan banjir seperti yang terjadi di kebuh Balimbingan, Marjandi, dan kebun Bah Butong Ulu.

" Warga Desa Bahal Gajah dan Sarimatondang melakukan aksi damai menolak konversi tanaman teh menjadi kelapa sawit seluas 257 hektare, di Afdeling I kebun Sayur Bah Butong, karena dikhawatirkan berdampak pada kerusakan lingkungan nantinya," ujar Simbolon.

Pada aksi itu warga juga mempertanyakan ijin konversi yang belum ada dari pemerintah kecamatan, namun pihak PTPN IV sudah melaksanakannya.
Setelah menyampaikan aspirasinya warga yang kecewa membubarkan diri, karena tidak satupun pihak kebun Bah Butong yang bersedia menerima aspirasi yang disampaikan.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.2089 seconds (0.1#10.140)