Kemendikbudristek Usul Jalur Rempah Jadi Warisan Budaya Dunia

Senin, 06 Juni 2022 - 23:23 WIB
loading...
A A A
Diajukannya Jalur Rempah ke UNESCO menunjukkan itikad Indonesia untuk mengambil peran dalam menjaga amanah yang diberikan dunia untuk menjaga warisan peradaban manusia. Jalur Rempah bukan lagi warisan milik Indonesia, melainkan warisan milik dunia yang kelestarian dan keberlangsungannya diamanahkan kepada semua pihak.

"Program pelayaran muhibah Jalur Rempah diharapkan dapat berlangsung berkelanjutan sebagai wadah pertemuan pelaku lintas daerah serta sebagai sarana diplomasi dan kampanye untuk mengangkat spirit kejayaan rempah, serta mengantarkan Jalur Rempah sebagai the world heritage yang diakui UNESCO ," pungkasnya.

KRI Dewaruci Bertolak ke Bau-bau
Rombongan Muhibah Budaya Jalur Rempah telah menghabiskan waktu kurang lebih 3 hari menyusuri kebudayaan Sulsel serta menapak tilas jejak perdagangan rempah masa lampau yang terjadi di Makassar.

Para peserta mengunjungi sejumlah situs warisan budaya, di antaranya Museum Karaeng Pattingalloang, Museum Balla Lompoa, Makam Sultan Hasanuddin, Kompleks Makam Raja-Raja Tallo, Kelenteng Thian Ho Kong, Museum Kota Makassar, dan Museum La Galigo.

Pada Senin (6/6/2022), rombongan akhirnya bertolak ke titik persinggahan Jalur Rempah ketiga, yakni Bau-bau dan Buton. Mereka bertolak menggunakan KRI Dewaruci, kapal latih untuk para Kadet Angkatan Laut Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Muh. Jufri, menuturkan Sulawesi Selatan dan Makassar pada khususnya dipilih sebagai salah satu titik persinggahan, sebab Makassar secara historis menjadi salah satu poros perdagangan rempah dunia di masa lampau.

"Dan sampai hari ini, pemerintah provinsi Selatan tetap komit untuk menjaga, mengembangkan, dan mendorong perdagangan rempah-rempah ini," ungkap Jufri.

Salah satu bukti komitmen pemerintah provinsi dalam mengembangkan potensi perdagangan rempah-rempah, ditunjukkan oleh berhasilnya ekspor rempah-rempah senilai kurang lebih Rp54 miliar yang dilakukan pada tahun 2021 lalu.

"Tahun lalu Pemprov Sulsel mengekspor kurang lebih Rp54 miliar ke negara Asia dan beberapa negara Eropa. ada kemiri, ada cengkeh, kayu manis, itu semua dari sini," jelasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)