Peringatan Hari Tempe Nasional di Balikpapan, Akmal Malik: Jadikan Panganan Generasi Emas!

Kamis, 06 Juni 2024 - 20:15 WIB
loading...
Peringatan Hari Tempe Nasional di Balikpapan, Akmal Malik: Jadikan Panganan Generasi Emas!
Puncak perayaan Hari Tempe Nasional dipusatkan di Sentra Industri Kecil Somber (SIKS), Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (6/6/2024). Foto/Istimewa
A A A
BALIKPAPAN - Puncak perayaan Hari Tempe Nasional dipusatkan di Sentra Industri Kecil Somber (SIKS), Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (6/6/2024). Kegiatan ini ditandai Deklarasi Dukungan Penetapan Tempe Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Oleh UNESCO.

Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik mengaku sangat bangga bahwa Kalimantan Timur dijadikan pusat perayaan Hari Tempe Nasional dengan tema Pangan Generasi Emas Indonesia. “Karier kita tidak lepas dari peran Tempe,” kata Akmal Malik.

Dia berharap Tempe akan terus bisa ditingkatkan baik secara kualitas dan variasi turunannya agar menarik bagi anak-anak dan generasi muda.



“Disini ada perwakilan dari BAPANAS (Badan Pangan Nasional) beliau yang mendapatkan tugas makan siang gratis, jangan lupa ya harus ada tempenya. Makan bergizi karena dia superfood, nah minimal nanti di Pemprov Kalimantan Timur kita akan ada tempenya,” ucapnya.

Guru Besar IPB University Profesor Ahmad Sulaeman, menilai bahwa Tempe sangat layak menjadi kebanggan kita semua bahkan pencanangan Tempe sebagai Pangan Generasi Emas tepat dan sangat memerlukan dukungan seluruh pihak.

Menurut dia, target Presiden Jokowi untuk mengatasi stunting sudah turun dari 30% menjadi 21% dari target 14% 2024, bahkan dibeberapa wilayah sudah tercapai targetnya. Ini penting untuk menuju Indonesia Emas 2045.

”Untuk itu tema kita hari ini dalam perayaan hari Tempe nasional sangat tepat yakni, Tempe: Pangan Generasi Emas Indonesia. Karena Tempe sebagai Superfood bahkan lebih lengkap dari pangan hewani,” kata Ahmad.



”Bahkan bukan hanya baik untuk tumbuh kembang anak, tapi juga untuk yang dewasa terutama ibu-ibu juga dalam menghadapi kehamilan dan masa menopouse, tempe adalah jawabannya,” tambah Profesor pakar Keamanan Pangan, Ahmad Sulaeman.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)
pixels