UGM-DKI dan Pengelola Kompleks Kemayoran Sepakat Kerja Sama Kelola Ruang Terbuka Hijau

Rabu, 25 Mei 2022 - 19:38 WIB
loading...
A A A


Sementara, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, kawasan perkotaan menjadi kontributor pemanasan global dan perubahan iklim. Penambahan ruang terbuka hijau di perkotaan bisa menjadi terobosan dalam upaya mengurai persoalan pemanasan global dan perubahan iklim.

“DKI Jakarta bertugas menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 30 persen di 2030 dan saat ini sudah mencapai 26 persen dan yakin dalam 3 tahun lagi bisa capai 30 persen,” katanya.

Untuk itu, dengan kerja sama ini, pihaknya berharap Kompleks Kemayoran menjadi ruang ketiga yang berkontribusi terhadap lingkungan hidup dan sosial masyarakat, serta pencapaian target penurunan emisi gas rumah kaca 2030 dan net zero emissions 2050.

"Diharapkan ruang terbuka hijau dan ruang terbuka biru yang terbangun akan berkelanjutan ke depan," harapnya.



Direktur Utama Pusat Pengelolaan Kompleks Kemayoran, Medi Kristianto menjelaskan, pusat pengelolaan Kompleks Kemayoran merupakan bagian dari pelayanan publik di Jakarta.

Saat ini mengelola 454 hektare kawasan terbuka dengan 5 hektare di antaranya hutan dengan vegetasi yang beragam. Lalu 40 hektare berupa lapangan golf yang menjadi daerah resapan air dan ruang terbuka hijau dan 17 hektare berupa danau untuk pengendalian banjir di sekitar Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

"Sepakat dengan Pak Rektor UGM, harapannya MoU ini tidak berhenti di penandatanganan naskah kesepahaman saja, namun ada aksi yang bisa segera direalisasikan di lapangan,” pungkasnya.
(nic)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)