Gladi Bersih Pernikahan Idayati Adik Jokowi dan Ketua MK Anwar Usman Gunakan Adat Jawa

Rabu, 25 Mei 2022 - 10:00 WIB
loading...
Gladi Bersih Pernikahan Idayati Adik Jokowi dan Ketua MK Anwar Usman Gunakan Adat Jawa
Pernikahan adik kandung Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman yang rencananya dilaksanakan pada Kamis Pahing (26/5/2022) di Solo, Jawa Tengah. Foto/Antara/Dok.Keluarga
A A A
SOLO - Tak terasa, hari bahagiaIdayati dan Ketua MK Anwar Usman sudah di depan mata. Berbagai persiapan pun sudah dilakukan oleh Idayati dan Anwar Usman menjelang hari pernikahan mereka, salah satunya adalah melakukan gladi resik prosesi pernikahan.

Rencananya, sebelum ijab kabul di gedung pertemuan milik keluarga Presiden Jokowi, Graha Saba Buana, gladi bersih pernikahan keduanya bakal digelar.

Rencananya acara latihan itu nanti bakal dihadiri langsung oleh Idayati, adik kandung Presiden Jokowi. Bahkan ketua MK Anwar Usman itupun wajib hadir dalam gladi bersih nanti.

Baca juga: Kamis Pahing 26 Mei, Adik Presiden Jokowi, Idayati Menikah dengan Ketua MK Anwar Usman

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banjarsari, Arbain Basyar, mengatakan gladi bersih digelar untuk memastikan saat hari H pernikahan tidak ada kendala apapun.

Menurut Arbain, karena pernikahan ini menggunakan adat Jawa, sesuai suku dari Idayati, maka Anwar wajib mengikuti seluruh prosesi jonggolan.

"Pak Anwar harus mengikuti prosesi jonggolan.Sebenarnya jonggolan kita jadwalkan hari Sabtu (21/5/2022). Kita batalkan karena Pak Anwar ada kegiatan lain," terang Arbain.

Sebagai informasi, jonggolan merupakan satu kegiatan dari rangkaian panjang pernikahan Jawa. Biasanya, jonggolan dilaksanakan saat keluarga mempelai wanita mengadakan acara midodareni.

Dalam pernikahan adik orang nomer satu di Republik ini dengan Ketua MK Anwar Usman, nuansa Jawa begitu mendominasi prosesi pernikahan.

Penata acara dari wedding organizer Pengantin Production, Dani Wigung sampaikan konsep pernikahan yang digelar di Graha Saba Buana kental dengan nuansa tradisional.

Menampilkan seperangkat gamelan Jawa yang dimainkan secara langsung untuk mengiringi kirab pengantin."Semua akan menggunakan gamelan secara live termasuk mengiringi saat kirab pengantin menuju ke acara resepsi," tuturnya.

Dalam acara resepsi yang digelar usai akad nikah akan diramaikan dengan hiburan band yang menampilkan bintang tamu penyanyi kenamaan Judika.

Informasinya mempelai akan menggunakan konsep busana pengantin Jawa Solo.Menggunakan beskap khas Solo. Demikian juga pihak keluarga juga menggunakan beskap serupa.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)