Mulai Tengah Malam Nanti Tarif Tol Cipali Naik, Ini Besarannya

Selasa, 29 Maret 2022 - 18:27 WIB
loading...
A A A
Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya, Firdaus Azis menjelaskan, ASTRA Tol Cipali senantiasa berupaya meningkatkan layanan terbaik diberbagai bidang kepada seluruh pemangku kepentingan. BPJT telah memeriksa pemenuhan SPM di ruas tolnya dan dinyatakan SPM telah dipenuhi.

"Guna memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jalan, di tahun 2022 ASTRA Tol Cipali telah melakukan peningkatan jalan yang disertai dengan pemasangan CCTV di setiap 1 km sepanjang 116.75 Km, mulai dari KM 72 hingga KM 188," jelasnya, Selasa (29/3/2022).

Pembangunan Jalan Tol Akses BUB Kertajati, yang merupakan penambahan lingkup jalan tol Cipali. Di samping itu juga secara rutin dilakukan penindakan speed gun dan kendaraan bermuatan lebih, bekerjasama dengan kepolisian wilayah dan dinas perhubungan. Hal ini tentunya salah satu cara untuk membuat pengendara patuh kepada aturan yang berlaku ketika berkendara di jalan tol.



Untuk menjaga kelancaran, keamanan dan kenyamanan dalam berkendara saat ini ASTRA Tol Cipali memiliki armada layanan keselamatan yang terdiri dari 12 unit kendaraan patroli, 15 unit derek, lima unit ambulans, dua unit rescue, dan enam unit PJR.

Untuk memantau lalu lintas dan kecepatan kendaraan pengguna jalan, tersedia 166 unit CCTV dan 1.200 unit lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) di sepanjang ruas Tol Cipali. Selain itu juga tersedia dua unit VMS, dan lima videotrone yang terpasang di ruas jalan, dua unit Weigh in Motion (WIM) alat deteksi kendaraan untuk mencegah terjadinya over load over dimensi, dan satu unit alat timbang integrasi yang dilengkapi untuk mendeteksi berat, beban dan nomor kendaraan yang berada di gerbang tol Palimanan.

"Bagi pengguna jalan ASTRA Tol Cipali, kami telah menyediakan tempat istirahat yang nyaman dan aman. Di beberapa rest area yang ada juga telah dilakukan rejuvinasi di KM 130 arah Cirebon, dengan mengusung kearifan lokal yang dinamakan Titirah Kahirupan, dilengkapi dengan outdoor gym, playground, ampitheater untuk pementasan kesenian," katanya.



Selain itu, lanjut Firdaus, di semua rest area tipe B dilengkapi dengan shower air mandi panas untuk pengemudi kendaraan besar. Lokasi rest area Tipe A ada di KM 102 dan KM 166 di lajur ke arah Cirebon, serta KM 101 dan KM 164 ke arah Jakarta.

Untuk Tipe B ada di KM 86 dan KM 130 arah ke Cirebon maupun ke Jakarta. Rest area tipe A dan B dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti toilet ramah difabel, masjid, pompa bensin, pengisian ulang saldo uang elektronik, atau berbagai tawaran kuliner yang bersih dan sehat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)