Jembatan Ampera Ditutup Tiga Hari, Ini Penyebabnya

Rabu, 09 Maret 2022 - 23:41 WIB
loading...
A A A
"Saat ini masih memiliki tingkat keamanan cukup baik, tapi saya lupa angkanya berapa. Apalagi, dengan kondisi lalin yang ada, hanya kendaraan kecil rata-rata yang melintas, bukan truk besar. Jika truk dengan tonase tinggi mungkin bisa memberi potensi kurang aman pada saat melintas dan macet. Tapi, kalau dengan kondisi saat ini masih aman," ungkapnya.

Dijelaskan Julia, pengujian tersebut cukup penting dilakukan untuk memperpanjang usia Jembatan Ampera. Ampera pernah dikakukan evaluasi struktur pada 1988 lalu. Setelah itu, belum ada pengujian secara komprehensif, hanya bersifat visual dan penanganan korosi. Kemudian pada 2018 lalu, hanya pada estetika jembatan saja dengan pengecatan.



"Pengujian yang kita lakukan setelah uji dinamik yang lalu cukup penting untuk dilakukan. Setelah ini, pada akhir 2022 atau awal 2023 nanti akan kembali dilakukan pengujian statis untuk melihat efektivitas penanganan rehabilitas yang dilakukan. Diluar itu, mungkin ada ada kegiatan di badan jalan, melihat pondasi dan lainnya," bebernya.

Jangka menengah ini, akan dilakukan perbaikan korosi, penambahan kekuatan beton. Sementara untuk jangka panjangnya, bergantung pada hasil pengujian selama empat malam ini.

Dia pun berharap, dengan berbagai upaya yang dilakukan tersebut dapat membuat daya tahan jembatan bisa lebih lama dari umur seharusnya. "Kegiatan reservasi Ampera ini dilakukan agar umur jembatan lebih panjang dari harapan," pungkasnya.
(nic)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2450 seconds (0.1#10.140)