Kilang GRR Tuban Pastikan Seluruh Proses Rekrutmen Berjalan Transparan

Jum'at, 28 Januari 2022 - 21:47 WIB
loading...
Kilang GRR Tuban Pastikan Seluruh Proses Rekrutmen Berjalan Transparan
Pertamina terus mengawal secara serius Proyek Strategis Nasional (PSN) pembangunan Kilang Grass Root Refinery (GRR) Tuban. Foto/Ist
A A A
TUBAN - Pertamina terus mengawal secara serius Proyek Strategis Nasional (PSN) pembangunan Kilang Grass Root Refinery (GRR) Tuban. Upaya percepatan proyek ditunjukkan dari progres proyek yang telah mencapai 66,43 persen untuk tahapan Front End Engineering Design (FEED) di tahun 2022.

Di tahun ini pula, proses persiapan pembangunan kilang GRR Tuban terus dikebut melalui serangkaian aktivitas. Baik yang diselenggarakan oleh Pertamina Project GRR Tuban maupun PT Pertamina Rosneft Pengolahan Dan Petrokimia (PRPP).

Baca juga: Setelah Terima Ganti Untung Rp5,2 Miliar dari Pertamina, Warga Tuban Ini Bisa Beli Lahan 2 Hektare

Kilang GRR Tuban nantinya akan memberi tambahan pasokan untuk kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM), LPG, dan petrokimia dengan tujuan mengurangi impor.

Kilang GRR Tuban juga dibangun dengan teknologi mutakhir dengan kapasitas pengolahan sebesar 300.000 barel per hari yang akan menghasilkan 30 juta liter BBM per hari untuk jenis gasoline dan diesel.

Selain itu, Kilang Tuban juga akan menghasilkan 4 juta liter avtur per hari serta produksi petrokimia sebesar 4,25 juta ton per tahun. Pembangunan Kilang GRR Tuban ini juga menciptakan multiplier effect lainnya, terutama di daerah sekitar lokasi di Tuban.

Presiden Direktur PRPP, Kadek Ambara Jaya menyatakan, perusahaan berkomitmen tinggi untuk proaktif melibatkan tenaga lokal dalam proses pembangunan Kilang GRR Tuban.

Baca juga: Desa Miliarder Bakal Kehilangan Setengah Kampungnya untuk Tol Yogyakarta-Bawen

Hingga land clearing (pembersihan lahan) tahap ke-3 yang diselesaikan pada tahun 2021 lalu, Kilang GRR Tuban telah melibatkan lebih dari 300 pekerja. "Di mana 98 persen di antaranya adalah warga lokal sekitar proyek," katanya,Jumat (28/1/2022).

Pelaksanaan pekerjaan land clearing tahap ke-1 hingga ke-3 sendiri telah melibatkan lebih dari 600 warga sekitar proyek. Hal ini dilakukan sejalan dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku di bidang ketenagakerjaan serta ketentuan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang berlaku.

"PRPP dan Pertamina Project GRR berkomitmen merekrut pekerja yang memenuhi persyaratan dan memenuhi kompetensi yang diperlukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," ungkap Kadek.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3835 seconds (11.97#12.26)