Kasus Pertama Omicron di Jatim: Pulang Liburan dari Bali, Warga Surabaya Terinfeksi

Minggu, 02 Januari 2022 - 19:45 WIB
loading...
Kasus Pertama Omicron di Jatim: Pulang Liburan dari Bali, Warga Surabaya Terinfeksi
Kepala ITD Unair, Profesor Maria Inge Lusida. Foto: iNewsTV/Yudha Prawira
A A A
SURABAYA - Kasus pertama COVID-19 varian omicron sudah terdeteksi di Jawa Timur, yakni salah seorang warga Kota Surabaya usai bepergian dari Bali .

Warga itu dipastikan terinfeksi dari hasil uji sampel di lembaga penyakit tropis Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang keluar pada Sabtu (1/1/2022).



Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Institute Of Tropical Disease (ITD) atau Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga (Unair), Profesor Maria Inge Lusida, Minggu (2/1/2022).



Menurutnya, kepastian satu sampel pasien warga Kota Surabaya terinfeksi COVID-19 varian Omicron diketahui dari hasil Whole Genome Sequencing (WGS) yang keluar pada Sabtu (1/1/2022).

ITD Unair menerima sampel pasien milik warga Surabaya tersebut dari salah satu rumah sakit di Surabaya, pada tanggal 28 Desember lalu. Curiga karena Cycle Threshold (CT) value atau nilai yang muncul dari pemeriksaan PCR tersebut di bawah standar infeksi virus corona sars cov-2.



“ITD Unair pun langsung melakukan screening dan hasilnya Sabtu malam (1/1/2022) dinyatakan positif terinfeksi varian baru Omicron,” ungkap Kepala Kepala ITD Unair, Profesor Maria Inge Lusida.

Sementara itu, pasien pertama warga Surabaya yang terinfeksi virus corona sars cov-2 varian omicron tersebut, memiliki riwayat perjalanan ke luar kota Surabaya yakni usai liburan di Bali.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)