Hadiri IDC, Ridwan Kamil Sebut Pandemi Covid-19 Percepat Disrupsi Digital

Rabu, 23 Agustus 2023 - 11:09 WIB
loading...
Hadiri IDC, Ridwan Kamil Sebut Pandemi Covid-19 Percepat Disrupsi Digital
Ridwan Kamil pada acara Indonesia Digital Conference (IDC) yang digelar di Hotel El Royale, Kota Bandung pada Rabu (23/8/2023). Foto/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan mendalam dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu dampak yang sangat signifikan adalah percepatan disrupsi digital di berbagai sektor.

Begitu disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada acara Indonesia Digital Conference (IDC) yang digelar di Hotel El Royale, Kota Bandung pada Rabu (23/8/2023).

"Pasca pandemi kita telah melakukan perubahan dalam cara kita bekerja, berbelanja, berinteraksi dan menjalani kehidupan sehari-hari," ucap Kang Emil, sapaan akrabnya.

Kang Emil mengatakan, saat ini adalah zaman yang banyak mengalami disrupsi. Oleh karena itu, kunci menghadapi disrupsi ini ada dua yakni jangan kaget dan harus siap beradaptasi.

"Rumus menghadapi disrupsi itu jangan kagetan, kedua siap-siap beradaptasi. Mereka yang tidak mau beradaptasi pasti kalah tapi mereka yang mau belajar beradaptasi," ungkapnya.


">

Diakui Kang Emil, semenjak menjadi Gubernur Jabar dirinya dituntut untuk bisa cepat beradaptasi. Hal itu berbanding terbalik saat dirinya menjadi seorang arsitektur.

"Saya pemimpin Jawa Barat tiap hari saya beradaptasi. Saya ini kaum generalis, dulu saya kaum spesiaslis, arsitektur desaign. Semenjak jadi pemimpin saya harus pintar segala urusan dari urusan inflasi sampai urusan AI harus saya pahami, dari urusan pandemi sampai urusan bitcoin saya harus pahami dari ngurus alun-alun sampai Al Zaytun saya juga harus urus," paparnya.

Oleh karena itu, kata Kang Emil, kunci menjadi seorang pemimpin harus kuat mental. Sebab, hal itu juga yang akan menjadi penguat bagi masyarakat.

"Di otak saya 90 persen masalah makanya kunci pemimpin itu ternyata mental, dari mental turun ke fisik maka saya jaga fisik saya, penampilan saya supaya masyarakat juga optimis. Karena saya wajah dari rakyat saya kalau pak gubernurnya lusu, kucel, cemberut masyrakat juga ikut kebawa mood yang buruk," tandasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2406 seconds (0.1#10.140)