IDI Makassar Imbau Waspadai Aneka Penyakit di Musim Hujan

Jum'at, 17 Desember 2021 - 15:03 WIB
loading...
A A A
Makanya, dia meminta masyarakat untuk selalu menggunakan alas kaki agar terhindar dari penyakit tersebut. Di samping itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu menjaga lingkungan sekitar agar tidak menjadi sarang tikus, membersihkan saluran-saluran air di sekitar rumah supaya tidak tersumbat dan menjadi genangan saat hujan.

Dia mengatakan masyarakat harus tetap menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sebelum melakulan pembersihan. Banjir biasanya menyebabkan sistem sanitasi terganggu sehingga berpotensi adanya peningkatan kasus diare dan malaria di wilayah yang terkena banjir.



"Lantas bagaimana cara yang harus dilakukan untuk mencegah infeksi muncul saat musim hujan. Kita harus terus menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makan bergizi seimbang makan sayur, buah, vitamin, olah raga yang cukup menghindari sementara minum dingin untuk menjaga imunitas," katanya.

Dia juga meminta protokol kesehatan diterapkan secara ketat serta pola hidup bersih serta sehat dan konsultasi dengan dokter. Upaya menjaga kesehatan sangat penting, apalagi di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, masyarakat juga tetap diminta untuk patuh menjalankan protokol kesehatan 5M guna mencegah penularan Covid-19 karena penyebaran virus korona belum berlalu.
(tri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)