Waspada Cuaca Ekstrem, BMKG Tempatkan Mobile Weather Radar di Kertajati

Jum'at, 09 Februari 2024 - 08:49 WIB
loading...
Waspada Cuaca Ekstrem, BMKG Tempatkan Mobile Weather Radar di Kertajati
BMKG meningkatkan antisipasi potensi cuaca ekstrem khususnya di Jawa Barat. Foto/BMKG
A A A
MAJALENGKA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meningkatkan antisipasi potensi cuaca ekstrem khususnya di Jawa Barat. Salah satunya dengan menempatkan Mobile Weather Radar di Stasiun Meteorologi Kertajati.

“Mengantisipasi potensi cuaca ekstrem puncak musim hujan ini adalah dengan menempatkan 1 unit Mobile Weather Radar di Stasiun Meteorologi Kertajati sejak tanggal 31 Januari 2024,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, Jumat (9/2/2024).

Penempatan Mobile Weather Radar ini untuk memantau perkembangan cuaca secara terkini di sekitar wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.



Resolusi spasial data radar cuaca yang dihasilkan dari mobil radar tersebut mencapai 250 meter dengan resolusi temporal data sekitar 05-10 menit.

“Sementara itu cakupan areanya hingga 120 kilometer yang meliputi wilayah Bandung, Subang, Cirebon, Sumedang, Tasikmalaya, Banjar, Tegal, Indramayu, Kuningan dan Purwakarta,” ujar Guswanto.



Selain itu, Mobile Radar BMKG ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan Aerodrome Warning bagi pesawat yang akan take off dan landing di Bandara Kertajati.

“Selain itu produk Citra Radar yang dihasilkan dapat digunakan untuk meningkatkan layanan informasi peringatan dini cuaca ekstrem, khususnya di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)