Bunga Bangkai Bermekaran di Bukit Sulap Lubuklinggau, Dipercaya Musim Hujan Segera Tiba

Senin, 09 Oktober 2023 - 19:01 WIB
loading...
Bunga Bangkai Bermekaran di Bukit Sulap Lubuklinggau, Dipercaya Musim Hujan Segera Tiba
Bunga bangkai bermekaran di kaki Bukit Sulap, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Senin (9/10/2023). Foto/MPI/Era Neizma Wedya
A A A
LUBUKLINGGAU - Warga Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, dihebohkan dengan munculnya bunga bangkai yang bermekaran di kaki Bukit Sulap, Senin (9/10/2023). Bunga bangkai tersebut, bermekaran di tengah musim kemarau yang terik.



Warga di sekitar Bukit Sulap, mempercayai kemunculan bunga bangkai menjadi penanda segera datangnya musim penghujan. "Memang biasanya di bulan akhiran Ber, seperti September, Oktober, November dan Desember berkembang dan banyak muncul," kata Gelek, salah seorang warga yang tinggal di dekat kaki Bukit Sulap.



Gelek mengatakan, banyak cerita yang berkembang di masyarakat menyebutkan bahwa kemunculan bunga bangkai pertanda akan turun hujan. Apalagi kemarau yang melanda Kota Lubuklinggau sudah terjadi sekitar tiga bulan.



Ditambahkan lagi kawasan Bukit Sulap diperkirakan merupakan tempat habitat bunga bangkai. Sebab kemunculan bunga bangkai di kawasan itu sering terlihat. "Bunga bangkai itu akan mekar selama satu minggu, setelah itu menyisakan umbian-umbian. Lalu berpindah lagi tumbuhnya ke sekitar lokasi itu," katanya.



Bunga bangkai yang ditemukan kali ini, memiliki panjang sekitar 25 cm. Dan memilik tinggi sekitar 20 cm. Kondisinya saat ini tengah berkembang dengan kelopak bunga berwarna merah terang. "Diharapkan kemunculan bunga bangkai ini dapat dijaga, dan tidak dirusak oleh tangan jahil. Biarkan dia berkembang tanpa diganggu," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)