Anggota Pansus Papua DPR RI: Dana Otsus untuk Kesejahteraan Rakyat Papua

Kamis, 16 Desember 2021 - 17:29 WIB
loading...
Anggota Pansus Papua DPR RI: Dana Otsus untuk Kesejahteraan Rakyat Papua
Tampak bangunan jembatan di Pupua yang begitu indah dan megah. (Ist)
A A A
JAKARTA - Dalam rangka memaksimalkan proteksi terhadap lingkungan, Pemerintah Provinsi Papua telah melibatkan para tokoh adat untuk terlibat dan turun langsung menjaga lingkungan.

Kebijakan melibatkan para tokoh adat dipandang penting karena para pemimpin adat tersebut memiliki potensi untuk menggerakan masyarakat dalam melestarikan lingkungan. Presiden RI Joko Widodo juga telah berkomitmen kuat untuk membangun Papua secara komprehensif.

Ia meminta kebijakan Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat ini dikonsultasikan dengan seluruh komponen masyarakat yang ada di Papua maupun Papua Barat.

Pemerintah betekad mengajak bicara seluruh tokoh-tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama yang ada di Papua dan Papua Barat sehingga dapat merumuskan sebuah kebijakan yang terbaik, yang akan membuat Papua dan Papua Barat semakin maju dan sejahtera.

Hal ini terungkap dalam Webinar Protecting the Environment and Building Peace in Papua (16/12). Semua nara sumber sepakat bahwa tradisi dan masyarakat adat memiliki peran penting dalam proses pembangunan yang mensejahterakan sekaligus proses membangun perdamaian di Tanah Papua.

Hal ini penting dilakukan untuk meredam berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang bermula dari perasaan keterarsingan dan ketimpangan serta meminimalisir adanya pelanggaran HAM.

Menurut tokoh pemuka agama Papua, KH Saiful Islam al Payage, bahwa Indonesia telah memberikan segalanya untuk Papua, OAP tinggal mengisi dengan meningkatkan kualitas. Dengan adanya dana Otsus, banyak anak-anak papua sudah banyak bersekolah di dalam maupun luar negeri.

Pendidikan perlu sekali didorong, agar putra putri papua dapat mengambil kesempatan baik di pemerintahan maupun swasta.

“Menjaga kestabilan pembangunan di tanah Papua harus menjadi perhatian serius dengan menjaga lingkungan dan keberlangsungan alam agar generasi kita selanjutnya tidak mengalami sesuatu yang tidak kita harapkan. Toleransi umat beragama di Papua saya pikir merupakan yang terbaik di Indonesia,"ujar tokoh yang terlahir dari keluarga pendeta terkemuka di Papua bernama Simon Payage yang saat ini menjadi ketua MUI Papua.

Senada dengan hal tersebut, Anggota Pansus Otsus Papua DPR RI, Heru Widodo menyatakan bahwa perpanjangan Dana Otsus Komitmen agar pembangunan Provinsi Papua terus berkelanjutan dan memberikan kesejahteraan nyata bagi seluruh rakyat Papua. Baca: Omicron Masuk Indonesia, Dinkes Bandung Minta Masyarakat Tidak Panik.

Menurutnya, masyarakat adat yang diwakili tokoh adat memiliki peran penting dalam pelaksanaan UU Otsus Papua. Terutama dalam penentuan anggota MPR dan DPRP yang nantinya memiliki tugas bersama sama dengan pemerintah daerah dalam menyusun program dan melakukan pengawasan dalam hal penggunaan dana otonomi khusus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9150 seconds (0.1#10.140)