Anggota Pansus Papua DPR RI: Dana Otsus untuk Kesejahteraan Rakyat Papua

Kamis, 16 Desember 2021 - 17:29 WIB
loading...
A A A
Pembangunan Tanah Papua yang dituangkan melalui UU Otonomi Khusus sebagai hasil dari win-win solution dan UU hasil kebijakan politik. Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat telah memberikan rekomendasi kepada Presiden agar terus melakukan dialog yang bermartabat dengan semua pihak guna meminimalisasi kekerasan di masa depan.

“Khusus dalam hal Pendidikan kami pernah usulkan alokasi anggaran dana khusus untuk pendidikan keagamaan, karena semangat kami salah satunya adalah membangun sumber daya manusia rakyat Papua terutama ditunjang dari sisi pendidikan keagamaan.” Ujar anggota dewan dari FPKB tersebut.

Terkait alam di Papua, peneliti BRIN, Dr. M Fathi Royyani menyoroti bahwa kekayaan keanekaragaman hayati yang ada di Papua juga berdampak pada pemanfaatannya yang dilakukan oleh masyarakat.

Ada yang dimanfaatkan sebagai obat-obatan, makanan, energi, kosmetik, dan keperluan lainnya. Setiap suku yang ada di Papua memiliki cara sendiri dalam memanfaatkan sumberdaya alam yang terdapat di sekitarnya.

“The real orang Nusantara dulu, sebelum ada invasi, adalah orang dengan karakteristik orang Papua. Karakter perwajahan, perpaduan Austronesia dengan Melanesia. Spesies nusantara asli itu ada di Papua. Simbol yang paling nyata dari perdamaian orang Papua adalah sirih pinang. Sirih pinang merupakan konsep perdamaian yang luar biasa yang bisa kita angkat sebagai simbol perdamaian, kasih sayang, dan toleransi antar umat beragama,"ujar doktor Antropologi UI tersebut

Sebagai Miss Papua 2006, Putri Nere rupanya tidak pernah bisa jauh dari Papua. Karena Orang Papua itu suka hidup damai. keindahan alam tanah Papua menyita hatinya. Betapa ia menikmati surga kecil tersebut. Baca: Nestapa Bocah 12 Tahun, Dijual Rp1.000.000 oleh Ayahnya, Kini Sebatangkara.

“Saya sangat bersyukur dan sangat berterima kasih kepada pak Jokowi yang sudah membangun Papua tidak hanya Jayapura tetapi juga di pendalaman. Pak Jokowi memberikan perhatian yang sangat luar biasa terhadap Papua dengan pembangunan infrastruktur dan jalan yang bisa mempercepat dan mempermudah arus ekonomi," tegas salah aktris berbakat membintangi film di Timur Matahari garapan sutradara Ari Sihasale.

Ketika ditanya terkait isu rasial kepada orang Papua. “Rasisme yang terjadi kepada orang Papua harus ditanggapi dengan cara positif, dengan menunjukkan bahwa kita punya skill dan kemampuan. Kita memang beda tapi punya hati yang sangat mengasihi,"jawabnya.
(nag)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)