Mau Jadi Investor Pasar Modal, Ini Cara Buka Rekening di bjb Sekuritas

Sabtu, 27 November 2021 - 10:05 WIB
loading...
Mau Jadi Investor Pasar Modal, Ini Cara Buka Rekening di bjb Sekuritas
bjb Sekuritas saat membuka perdagangan perdana di BEI, Jakarta. Foto istimewa
A A A
BANDUNG - Sejak pandemi Covid-19, minat masyarakat merambah investasi saham meningkat cukup signifikan. Hal itu seiring kepercayaan masyarakat terhadap investasi saham yang dianggap menjanjikan, di tengah ketidakpastian ekonomi akibat pandemi.

Di Jawa Barat, minat masyarakat berinvestasi di pasar modal juga tak kalah besar. Data Bursa Efek Indonesia (BEI), jumlah Single Identification Number (SID) di Jawa Barat per Agustus 2021 mencapai 471.439. Angka tersebut tumbuh 69% dari posisi akhir tahun 2020 sebanyak 192.760.

Kendati begitu, bila dibandingkan dengan size penduduk Jawa Barat dengan pertumbuhan SID, jumlah masyarakat yang telah memiliki SID terbilang masih kecil. Artinya, dengan jumlah penduduk Jabar sekitar 50 juta orang, potensi calon investor pasar modal masih cukup terbuka lebar.

Masih banyak potensi pasar yang bisa digarap, baik itu dari kalangan aparatur sipil negara (ASN), pelajar, segmen rumah tangga, pegawai swasta dan lainnya.

bank bjb, sebagai bank pembangunan daerah yang berbasis di Jawa Barat, tentu tak menyia-nyiakan potensi itu. Melalui anak perusahaannya, bank bjb mendirikan bjb Sekuritas sebagai perusahaan efek daerah (PED) pertama di Indonesia. Hadirnya bjb Sekuritas diharapkan akan mempercepat penetrasi masyarakat mengakses investasi pasar modal. Dengan begitu, harapannya ekonomi Jawa Barat akan semakin cepat berkembang.

Saat ini, bjb Sekuritas berkantor di Jalan Teuku Umar, Kota Bandung. Perusahaan yang baru seumur jagung ini melayani berbagai kegiatan transaksi efek, untuk kepentingan sendiri maupun pihak lain. Juga melayani pemasaran efek dan kegiatan lain sesuai dengan persetujuan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

bjb Sekuritas telah memiliki kode broker JB berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bursa Efek Indonesia (BEI) No. S-06087/BEI.ANG/12-2020 tanggal 23 Desember 2020. Dengan terdaftarnya kode broker JB, aktivitas perdagangan bjb Sekuritas akan lebih mudah terindeks di bursa saham. bjb Sekuritas juga telah menunjuk PT IDX Solusi Teknologi Informasi sebagai mediator remote trading bagi PED.

Pada 8 Oktober 2021 lalu, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) secara resmi telah melakukan pembukaan perdagangan untuk Anggota Bursa Sponsor PT Mandiri Sekuritas dan PT BJB Sekuritas Jawa Barat.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, bjb Sekuritas didirikan untuk menyerap potensi angka pertumbuhan minat berinvestasi saham khususnya di Jawa Barat yang semakin hari kian memperlihatkan antusiasme tinggi dalam dunia pasar modal.

Pada pelaksanaannya, bjb Sekuritas akan bekerja sama dengan universitas dan menjaring investor dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN). bjb Sekuritas juga terus bergerak proaktif melakukan upaya-upaya literasi dan inklusi pasar modal secara berkesinambungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0877 seconds (0.1#10.140)