Bupati Buton Selatan Raih KDI 2021 dengan Inovasi Ambulance Laut untuk Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Kamis, 24 Maret 2022 - 13:20 WIB
loading...
A A A
Bersama jajarannya di Pemerintah Kabupaten Busel, mantan anggota DPRD Buton Selatan Periode 2014 – 2016, ini memimpin sendiri rapat koordinasi. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dibentuk dengan diketuai sendiri olehnya.

“Satgas di tingkat kecamatan, harus segera mendirikan posko terpadu. Serta mengidentifikasi desa yang menjadi wilayah perbatasan dengan daerah tetangga,” kata Arusani

Di desa perbatasan, masing-masing harus mendirikan posko satgas, dengan tugas utama melakukan testing bagi warga yang hendak masuk ke Busel.

Tak hanya itu, pria kelahiran Molona, 8 Maret 1975, ini meminta kepala desa di seluruh Busel untuk siaga dan melakukan tindak pencegahan. Menurut Bupati, desa akan menjadi korban terparah serangan virus Corona, sehingga harus cepat dicegah. Satgas pun diminta menyiapkan koordinator yang bertugas hingga ke tingkat desa. Kegiatan ini melibatkan RT/RW serta petugas kesehatan desa.

Aksi cepat dan tanggap Bupati Busel itu terbukti berhasil. Setidaknya jika membandingkan dengan wilayah lain. Pada Juni 2020 silam, hanya ada satu warga Busel yang terkonfirmasi positif, sementara di dua wilayah tetangga, yakni Kabupaten Buton terdapat kasus Positif Covid sebanyak 35 orang dan Kota Bau-bau sebanyak 18 orang. Sempat terdapat beberapa pasien, positif, tapi sudah dinyatakan sembuh dan Busel mencatat nol kasus pada awal bulan November.

Inovasi dan terobosannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan, tentu patut diacungi jempol. Penghargaan KDI 2021 menjadi tolak ukur keberhasilannya dalam memimpin dan membangun daerahnya.
(srf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)