Triwulan Ketiga, Serapan Anggaran Pemprov Sulsel di Bawah 50%

Kamis, 28 Oktober 2021 - 11:13 WIB
loading...
Triwulan Ketiga, Serapan Anggaran Pemprov Sulsel di Bawah 50%
Ilustrasi. Foto: SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Realisasi APBD 2021 yang masih rendah dialami Pemprov Sulsel . Capaian anggaran di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) masih di bawah 50%.

Data yang dirilis Badan Perencana Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbangda) Sulsel tercatat, serapan anggaran triwulan ketiga secara kumulatif baru 46,96% atau Rp5,870 triliun (T) dari total anggaran yang dikelola senilai Rp12,502 T di APBD 2021.

Baca juga:Plt Gubernur Serahkan SK Pengangkatan PNS Lulusan IPDN

Berdasarkan data yang ada, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel serapan anggarannya paling minim dibanding OPD lain lingkup Pemprov. Dari total Rp Rp1,232 T anggaran yang dikelola, realisasinya baru Rp44,315 miliar (M) atau 3,60%.

Kepala Dispora Sulsel, Andi Arwin Azis berdalih, rendahnya realisasi keuangan lantaran alokasi anggaran pembangunan Stadion Mattoanging masih tercantum di Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Nilainya mencapai Rp1,2 triliun yang acuannya masih berdasarkan pada APBD Pokok 2021.

Sementara, dalam APBD Perubahan 2021 Pemprov Sulsel, skema anggaran pembangunan stadion sudah berubah. Anggaran konstruksi Rp1,2 triliun itu tidak lagi tercantum dalam DPA Dispora Sulsel yang rencana awal sumber dananya berasal dari pinjaman daerah, bukan APBD murni.

“Itu karena anggaran (Stadion) Mattoanging masih ada dalam struktur APBD dan di DPA Dispora masih tercantum. Sementara tidak dapat direalisasikan karena itu sumber dananya bukan dari APBD murni tapi melalui rencana pinjaman daerah yang batal dilakukan,” urai Arwin, belum lama ini.

Baca juga:Duta Wisata Sulsel Siap Bersaing di Level Nasional

Makanya, dia berdalih, serapan anggaran Dispora Sulsel seharusnya sudah di atas 60% hingga triwulan ketiga. Itu jika acuannya sudah menggunakan APBD Perubahan 2021, dengan asumsi biaya konstruksi Stadion Mattoanging yang sudah tidak dianggarkan tahun ini.

“Jadi ditriwulan keempat itu sudah tidak ada karena sudah ada Perubahan APBD yang mengurangi anggaran pembangunan Stadion Mattoanging . Kalau dihilangkan itu (biaya konstruksi) Mattoanging, anggarannya pasti langsung di atas 60%,” jelas Arwin.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2017 seconds (11.210#12.26)