Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Pusaka dan Senjata Sakti Kerajaan Talaga Mandi Air Kembang di Desa Nunuk Baru

loading...
Pusaka dan Senjata Sakti Kerajaan Talaga Mandi Air Kembang di Desa Nunuk Baru
Prosesi nyiramkeun pusaka dan rampak lesung. Poto/SINDOnews/Inin Nastain
MAJALENGKA - Pusaka peninggalan nenek moyang Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, kembali dipamerkan kepada publik, Kamis (23/9/2021). Pusaka-pusaka itu, sengaja dipamerkan ke khalayak umum, dalam rangka peringatan Milangkala ke-550 Tahun Nunuk.

Baca juga: Misteri Batu Meteor dan Kisah Kehebatan Pusaka Tombak Baru Klinting serta Kiai Pleret

Beberapa pusaka yang dihadirkan di antaranya dari jenis senjata seperti pedang dan keris. Selain senjata, ada juga sejumlah alat musik yang disebut-sebut sebagai peninggalan dari masa lalu. Tidak hanya dihadirkan begitu saja, pusaka-pusaka itu juga dicuci, atau dalam bahasa warga setempat disebut "Nyiramkeun pusaka".





Sesepuh desa setempat, Samsudin mengatakan, kehidupan di desa itu sejak abad 14 silam. Desa Nunuk memiliki hubungan yang cukup dekat dengan Kerajaan Talaga, yang saat ini secara administrasi berada di Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, tetangga dari Kecamatan Maja.

Baca juga: Wanita Cantik Ajak Suaminya Jualan Kosmetik Ilegal, Petualangannya Berakhir di Penjara

"Nah pusaka-pusaka itu, peninggalan leluhur, yang memang ada hubungan dengan Kerajaan Talaga. Makanya ada beberapa senjata, seperti pedang, keris, tombak dan lain-lain,” jelas dia.

Dalam perjalanannya, jelas dia, pusaka-pusaka, yang sebagainya berbentuk senjata, tidak dibawa ke Kerajaan Talaga. Sehingga, pusaka-pusaka itu masih berada di Nunuk, disimpan ahli waris para leluhur itu.

Baca juga: Apes! Batal Bersetubuh, Pria Ini Malah Diperas Bayar Rp1,5 Juta
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top