Rowo Bayu, Pertapaan Prabu Tawang Alun yang Selalu Diselimuti Kabut Misteri

Senin, 13 September 2021 - 08:48 WIB
loading...
Rowo Bayu, Pertapaan Prabu Tawang Alun yang Selalu Diselimuti Kabut Misteri
Rowo Bayu, telaga di kaki Gunung Raung, Kabupaten Banyuwangi, menghadirkan keindahan alam dan misteri. Foto/iNews TV/Eris Utomo
A A A
BANYUWANGI - Musim kemarau belumlah berakhir, saat gerimis mulai menitik di lereng Gunung Raung. Kabut tipis menyelimuti sepanjang jalan setapak yang mendaki. Kicau burung bersautan, di antara hening hutan yang lebat.

Baca juga: Kisah Misteri Danau Sunter yang Terdapat Pulau Kecil, Konon Istana Mariam Jembatan Ancol

Di antara kabut tipis yang menjaga hutan di sisi utara Gunung Raung itu, langkah-langkah pendaki terhenti di telaga berair jernih. Airnya begitu tenang, hanya sesekali saja nampak bergelombang saat angin lembah turun menyapa.



Masyarakat sekitar mengenalnya dengan Rowo Bayu, telaga luas berair jernih yang masuk dalam wilayah Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Di antara keheningan di awal September, terlihat sejumlah orang datang ke telaga itu.

Baca juga: Dahsyatnya Armada Laut Majapahit di Bawah Pimpinan Raja Hayam Wuruk

Tak banyak kata terucap dari setiap mereka yang datang. Sesekali mereka menghentikan langkah, menegadahkan tangannya lalu berkomat-kamit seperti sedang berbicara dengan orang lain, namun suaranya sangat lirih.

Langkah orang-orang yang mengunjungi telaga itu, terkadang hilang di antara batang-batang pohon kekar yang menjulang bak menara di sekitar telaga. Ya, mereka menyepi lalu membaca doa dan mantra.

Rowo Bayu, Pertapaan Prabu Tawang Alun yang Selalu Diselimuti Kabut Misteri


Dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk mencapai Rowo Bayu. Jaraknya sekitar 45 km dari pusat Kabupaten Banyuwangi. Jarak perjalanan yang panjang, tak menyurutkan langkah-langkah orang-orang yang ingin melakukan ritual.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1415 seconds (10.177#12.26)