Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Cerita Pagi

Dahsyatnya Armada Laut Majapahit di Bawah Pimpinan Raja Hayam Wuruk

loading...
Dahsyatnya Armada Laut Majapahit di Bawah Pimpinan Raja Hayam Wuruk
Armada laut Kerajaan Majapahit, memiliki kekuatan yang sangat dahsyat hingga mampu menjaga kedaulatan Nusantara. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews/Ali Masduki
Jalesveva Jayamahe, doktrin yang memiliki makna "Justru di Lautan Kita Menang" atau "Kejayaan Kita Ada di Laut". Benar-benar mampu diterjemahkan dengan baik oleh Laksamana Mpu Nala, saat memimpin kekuatan armada laut Kerajaan Majapahit.

Baca juga: Kemasyhuran Hayam Wuruk dan Kisah Mbah Ajek Sang Pengumpul Upeti Zaman Majapahit

Panglima angkatan laut Kerajaan Majapahit tersebut, memiliki strategi kemaritiman yang handal hingga Kerajaan Majapahit mampu menguasai setiap jengkal samudera Nusantara pada abad XIII, saat Prabu Hayam Wuruk bertahta.





Bak dua sisi mata uang yang tak dapat dipisahkan. Mahapatih Gajah Mada, dan Laksamana Mpu Nala, menjadi juru taktik dan strategi kemiliteran yang membawa Majapahit menguasai Nusantara, dan sangat disegani oleh bangsa lain.

Baca juga: Kisah Asmara Gajah Mada, Panglima Perang Majapahit yang Sumpahnya Menggemparkan Nusantara

Mpu Nala sebagai Panglima Angkatan Laut Kerajaan Majapahit, yang banyak diulas oleh Agus S. Serono dalam buku "Jayaning Majapahit: Kisah Para Kesatria Penjaga Samudra"; dan Irawan Joko dalam buku berjudul " Majapahit Peradaban Maritim". Disebut memiliki strategi jitu, dengan menempatkan puluhan kapal perangnya untuk menjaga lima titik penting perairan Nusantara.

Armada-armada perang Kerajaan Majapahit itu, antara lain ditempatkan di barat Sumatera, yakni Armada gugus ke-1. Tugasnya, yakni sebagai penjaga Samudera Hindia. Armada gugus ke-1 ini dikendalikan oleh seorang laksamana yang berasal dari Jawa Tengah.

Sementara Armada gugus ke-2 Kerajaan Majapahit kapal perang penjaga Laut Kidul, atau sebelah selatan Jawa di bawah pimpinan seorang laksamana putra Bali. Armada gugus ke-3 bertugas menjaga perairan Selat Makassar, dan wilayah Ternate, Tidore, serta Halmahera, di bawah pimpinan seorang laksamana putra Makassar.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top