Curi Ikan di Laut Natuna Utara, 4 Kapal Ikan Vietnam Diringkus Baharkam Polri

Selasa, 31 Agustus 2021 - 17:21 WIB
loading...
Curi Ikan di Laut Natuna Utara, 4 Kapal Ikan Vietnam Diringkus Baharkam Polri
Kapal Patroli Ditpolairud Baharkam Polri KP. Bisma-8001 berhasil mengamankan empat Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam. Foto/SINDOnews/Dicky Sigit Rakasiwi
A A A
BATAM - Aksi pencurian ikan oleh kapal ikan asing berbendera Vietnam di wilayah Laut Natuna Utara, berhasil digagalkan dan diringkus oleh Kapal Patroli Ditpolairud Baharkam Polri KP. Bisma-8001.



"Jadi pada Jumat (27/8/2021) Kapal Patroli Dit Polairud Baharkam Polri KP. Bisma-8001 berhasil melakukan penangkapan terhadap empat unit Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam," ujar Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto.



Lebih lanjut dia mengatakan, kapal tersebut diamankan di wilayah perairan Natuna Provinsi Kepri. Kapal ikan asing ini juga telah melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah Laut Natuna Utara, yang masuk didalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), dan masuk dalam wilayah perairan Indonesia.



"Keempat kapal ikan asing tersebut, telah ditarik dan sekarang berada di dermaga. Sebanyak 40 orang turut diamankan, yakni terdiri dari 36 ABK, dan empat nahkoda. Selain itu juga disita satu ton ikan hasil tangkapan," tegasnya.

Dijelaskannya, ada sembilan unit kapal patroli yang berada di bawah komando operasi Polda Kepri. Dari sembilan unit kapal tersebut, ditempatkan satu perwira tinggi berpangkat brigadir jenderal untuk bertugas sebagai supervisor, sekaligus pengendali dan berkoordinasi dengan Kapolda Kepri untuk bekerjasama dalam pengamanan laut.



Di samping itu, dilakukan juga kolaborasi dan sinergitas dengan instansi terkait lainnya seperti Dirjen PSDKP, TNI AL, dari Bea Cukai. "Sehingga dengan kolaborasi ini, walaupun kami bekerja dengan undang-undang yang berbeda, tetapi tekad kami satu untuk mengamankan wilayah laut Republik Indonesia, kemudian menjaga kekayaan alam yang ada di laut," tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4042 seconds (0.1#10.140)