Kondisi Terkini Kapal Tanker Edricko 3 Setahun Lebih Terdampar, Nyaris Tenggelam dan Berkarat

Rabu, 03 Mei 2023 - 16:39 WIB
loading...
Kondisi Terkini Kapal Tanker Edricko 3 Setahun Lebih Terdampar, Nyaris Tenggelam dan Berkarat
Geladak utama kapal tanker Edricko 3 yang terdampar satu tahun lalu di perairan selatan Garut diterjang gelombang dan tampak sejajar dengan permukaan laut. Foto: Istimewa
A A A
GARUT - Kondisi terkini kapal tanker Edricko 3 kini tak segarang dan sekokoh dulu lagi. Setelah setahun berlalu terdampar di Perairan Garut, kini geladak utama kapal dengan deadweight tonnage (DWT) 1.390 T itu nyaris tenggelam.

Kapal tanker yang memiliki panjang 69 meter lebih dengan lebar 10 meter itu, kini tak berdaya oleh cengkraman perauliran Garut, tanker pengangkut aspal itu tetap tak bergerak meski sudah dicoba untuk ditarik.

Gelombang ombak telah menerjang dan mengalir di atas Dek kapal. Faktor alam setidaknya telah membuat kapal yang dibangun tahun 1994 silam ini rusak.



Kapal tanker ini sebelumnya dilaporkan mengalami kerusakan kemudi saat melakukan pelayaran dari Sibolga, Sumatera Utara, menuju Cilacap, Jawa Tengah.

Arus laut kemudian membawa kapal Edricko 3 ke perairan di Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Selasa (8/3/2022) malam tahun lalu. Upaya penyelamatan sempat beberapa kali dilakukan, mulai dari evakuasi kapal dengan cara diderek oleh tug boat, hingga mengeluarkan para ABK dari kapal yang bertonase kotor 1.094 GT (gross tonnage) tersebut.



Proses evakuasi kapal Edricko 3 dengan cara diderek dengan kapal lain terkendala. Kapal yang memiliki panjang 69 meter lebih dengan lebar 10 meter ini tetap tak bergerak meski sudah dicoba untuk ditarik.

Bagian bawah kapal itu diduga tersangkut karang di sekitar lokasi terdampar. Hingga pada akhirnya, kapal Edricko 3 masih berada di lokasi terakhirnya terdampar hingga sekarang.

Kepala Satuan Polairud Polres Garut AKP Anang Sonjaya, menjelaskan jika kapal Edricko 3 sudah tidak mungkin lagi dievakuasi melalui jalur laut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2610 seconds (0.1#10.140)