Tingkatkan Keterampilan Membaca, Vamelia Ibrahim Akan Bangun TBM Tiap Desa

Rabu, 25 Agustus 2021 - 20:42 WIB
loading...
A A A
Kepala Dinas Pendidikan Tana Tidung, Jafar Sidik, menyambut gembirahadirnya gerakan TBM. Ia optimis gerakan ini mampu meningkatkan keterampilan membaca di Bumi Upun Taka.

Disdik sendiri telah menyusun tiga strategi untuk meningkatkan keterampilan membaca di kalangan pelajar Tana Tidung. Strategi itu meliputi peningkatan kapasitas guru untuk mengajarkan literasi, peningkatan budaya baca, dan pelayanan khusus bagi siswa lamban membaca.

Ketiga strategi ini bisa disinergikan dengan TBM, terutama layanan khusus untuk siswa lamban membaca. Sekolah bisa memberikanformative assessment, pembelajaran terdiferensiasi dan pendampingan belajar. "Sedangkan dari TBM melalui pegiat literasi, bisa membantu anak belajar membaca di lingkungan masyarakat,” terangnya.

Founder Taman Bacaan Pelangi, Nila Tanzil mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya PKK Tana Tidung untuk menggerakkan TBM di setiap desa. Nila juga menyatakan siap mendukung rencana PKK Tana Tidung.

Nila sendiri merupakan pegiat TBM yang telah mendirikan 62 perpustakaan di 15 pulau di Indonesia Timur. Saat ini perpustakaan berkualitas dan berstandar internasional telah menjangkau 12.000 anak di Indonesia bagian Timur.

(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2164 seconds (0.1#10.140)