Tuan Rondahaim, Satu-Satunya Raja Simalungun yang Tak Dapat Ditaklukkan Belanda

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 05:01 WIB
loading...
A A A
Tuan Rondahaim, Satu-Satunya Raja Simalungun yang Tak Dapat Ditaklukkan Belanda

Kegigihan Tuan Rondahaim melawan penjajahan Belanda telah mendapat penghargaan, salah satunya piagam tanda kehormatan Bintang Jasa Utama dari Presiden RI dengan nomor 2634/UI/1999.

Melalui piagam tersebut Tuan Rondahaim sudah diakui sebagai pejuang dari Sumatera Utara, dan telah diusulkan sebagai pahlawan nasional.

Mantan bupati Simalungun sebelum perayaan HUT RI selalu melakukan ziarah ke makam Tuan Rondahaim di kecamatan Raya sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dalam melawan penjajahan Belanda.

Menurutnya sudan sejak lama Pemkab Simalungun mengusulkan Tuan Rondahaim sebagai pahlawan nasional. "Usulan Tuan Rondahaim sebagai pahlawan nasional sudaj sejak lama bahkan sudah sampai ke Kementerian Sosial dan sudah pernah digelar seminar nasional bekerjasama dengan USU untuk mendukung usulan itu," ujar JR.

Mantan bupati Simalungun dua periode itu mengatakan Tuan Rondahaim Saragih memiliki semangat juang yang pantang menyerah.

"Tuan Rondahaim menanamkan semangat juang pantang menyerah kepada seluruh prajurit dan panglima perangnya, sehingga tidak mampu ditaklukan Belanda hingga akhir hidupnya," sebut JR.
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2715 seconds (0.1#10.140)