Percepat Herd Immunity, Mahasiswa Keperawatan Dikerahkan Jadi Relawan Vaksinasi

Kamis, 12 Agustus 2021 - 17:07 WIB
loading...
Percepat Herd Immunity, Mahasiswa Keperawatan Dikerahkan Jadi Relawan Vaksinasi
Para mahasiswa D3 Keperawatan Unair ,menjadi relawan vaksinasi untuk bisa mempercepat herd immunity. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Upaya mengejar kekebalan komunitas atau herd immunity melalui vaksinasi COVID-19 , terus dikebut oleh pemerintah. Munculnya varian virus COVID-19 seperti Alpha dan Delta, membuat angka herd immunity yang harus dicapai naik menjadi 80-90 persen.



Percepatan vaksin yang dilakukan, tentu juga membutuhkan tenaga yang lebih banyak. Kendati demikian permasalahan lain juga bermunculan seperti banyaknya tenaga kesehatan yang turut terpapar COVID-19 .



Melihat permasalahan tersebut, mahasiswa D3 Keperawatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair) mengabdikan diri menjadi relawan vaksinasi. Relawan vaksinasi tersebut terbagi menjadi dua kelompok yakni relawan vaksinasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamongan, dan relawan Gresik Tangguh.



Jumlah relawan vaksinasi Dinkes Lamongan sebanyak 19 orang, sedangkan relawan Gresik tangguh sebanyak 16 orang yang terdiri dari mahasiswa semester enam. Mereka diterjunkan di lapangan sebagai relawan.

Riris Ayuni Firdha selaku perwakilan mahasiswa yang menjadi relawan vaksinasi Dinkes Lamongan mengatakan, bahwa dalam sehari kuota vaksinasi yang disediakan adalah sekitar 100-300 vaksin. "Kegiatannya itu membantu pelaksanaan di masing-masing wilayah kerja puskesmas yang sudah dibagi oleh Dinkes. Sehari kuotanya beda-beda antara 100-300," terangnya.



Sementara itu Alvionita Chumaidi Putri sebagai perwakilan mahasiswa relawan Gresik Tangguh mengatakan, dalam sehari sasaran vaksinasi sebanyak 200-500 vaksin. "Kegiatan yang dilakukan seperti melayani pendaftaran, screening, hingga observasi pasca vaksinasi dengan 200 hingga 500 sasaran per hari," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)