Kasus Covid-19 di Aceh Nihil, BIN Tetap Akselerasi Vaksinasi di 20 Wilayah

Rabu, 08 Juni 2022 - 11:52 WIB
loading...
Kasus Covid-19 di Aceh Nihil, BIN Tetap Akselerasi Vaksinasi di 20 Wilayah
BIN terus menggencarkan vaksinasi, baik untuk dosis primer dan terutama booster di Aceh. Vaksinasi digelar di 20 wilayah yang mencakup kota dan kabupaten secara serentak. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDA ACEH - Kasus Covid-19 terus melandai seiring semakin meratanya kekebalan komunal di Indonesia. Pada Selasa (7/6/2022) di Aceh misalnya, tidak ada penambahan kasus Covid-19 alias nihil.

Meski demikian, Badan Intelijen Negara (BIN) terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 , baik untuk dosis primer dan terutama booster. Vaksinasi digelar di 20 wilayah yang mencakup kota dan kabupaten secara serentak.

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Aceh, Andi Roediprijatna W mengatakan, metode jemput bola yang diterapkan jajarannya masih sangat ampuh dalam mengebut capaian target. Dengan begitu, secara otomatis vaksinasi dosis primer dan booster dapat tersebar merata hingga ke seluruh wilayah.

"Mitigasi Covid-19 ini kita gencarkan menggunakan berbagai cara yaitu mulai dari membuka layanan vaksinasi di fasilitas umum, tempat ibadah, puskesmas hingga vaksinasi door to door dari rumah ke rumah warga. Ini kita lakukan supaya semua masyarakat, baik yang ada di pelosok desa hingga perkotaan mendapat vaksinasi," ujar Andi Roediprijatna dalam keterangan tertulis, Rabu (8/6/2022).

Andi menerangkan, ikhtiar jajarannya dalam mengintensifkan vaksinasi berbuah manis. Hal ini dibuktikan dengan terus melandainya kasus Covid-19 serta stabilnya wilayah Aceh menyandang status zona hijau Covid-19.

"Kita bisa lihat, efektivitas vaksinasi sudah terasa manfaatnya bagi masyarakat dalam meningkatkan kekebalan imunitas bagi tubuh dan menguatkan antibodi dalam menekan penyebaran Covid-19. Ini bisa kita buktikan dari wilayah Aceh yang selama berminggu-minggu hingga saat ini masuk predikat wilayah bebas Covid-19," paparnya.

Menurut Andi, penanganan pandemi yang semakin baik dan nihilnya kasus Covid-19 dapat mendorong pandemi menuju endemi dengan segera. "Dengan berbagai indikator di Aceh yang terus membaik dan tidak adanya penambahan kasus Covid-19 selama sekian minggu, kami optimistis hal ini merupakan pertanda bahwa pandemi bisa segera bertransisi menjadi endemi," imbuhnya.

Sebagai informasi, capaian target vaksinasi dosis 1 di Aceh menyentuh 100,94% dan dosis 2 yakni 77,73%. Selain itu, capaian target dosis 3 (booster) yaitu 16,84%.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)