98% Siswa SMA/SMK di Sulsel Siap Belajar Tatap Muka

Kamis, 17 Juni 2021 - 16:21 WIB
loading...
98% Siswa SMA/SMK di Sulsel Siap Belajar Tatap Muka
Simulasi sekolah tatap muka di tengah pandemi Covid-19 di salah satu sekolah di Kota Makassar. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel telah melakukan survei kesiapan siswa menyambut pembelajaran tatap muka (PTM) di Covid-19 untuk jenjang SMA/SMK yang rencananya dimulai Juli atau tahun ajaran baru 2021/2022.

Dari 47.874 responden yang diminta mengisi angket, hasilnya 98% siswa SMA/SMK di Sulsel menyatakan kesiapannya mengikuti PTM. Survei internal Disdik Sulsel tersebut dilakukan sejak 11-13 Juni 2021 lalu.

Baca Juga: Disdik Sulsel
Dia melanjutkan, para siswa mayoritas siap mengikuti PTM dengan tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat. Apalagi, keinginan untuk sekolah tatap muka, dianggap sudah sejak lama didambakan para siswa.

“Kesiapan itu salah satu alasannya oleh para siswa menyebut bahwa belajar tatap muka itu dianggap jauh lebih efektif, dari pada pembelajaran model online. Data ini bisa dipertanggungjawabkan. Karena ini benar-benar survei yang dilakukan secara sah dan bertanggung jawab dengan metodologi penelitian yang tepat,” tegasnya.

Jufri melanjutkan, animo para siswa untuk mengikuti PTM juga sudah ditunjukkan saat uji coba belajar tatap muka yang digelar secara terbatas di 3 SMA di Kota Makassar. Setelah sekitar enam minggu pelaksanaannya, tak ada terkonfirmasi siswa positif Covid-19 selama uji coba PTM itu.

Baca Juga: Disdik Sulsel
“Dan di sekolah-sekolah juga kita antisipasi dengan membentuk Satgas Covid-19 Sekolah. Inilah yang akan mengawal proses-proses itu berjalan di sekolah. Lainnya seperti penyiapan cuci tangan, handsanitezer, kemudian thermogun dan seterusnya itu sudah disiapkan sekolah,” jelas Jufri.

Baca Juga: Abdul Hayat Gani
“Di Sulsel ini masih terkendali dan sekolah mulai bertahap di atur. Dibuka secara bertahap. Kita coba bekerjasama dengan berbagai elemen termasuk UNICEF, tadi menghadap dengan saya untuk secara Bersama-sama mengatur ini," sebut Abdul Hayat, belum lama ini.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)