Desa Tematik Jadi Pemantik Ekonomi Warga di Masa Paceklik

Jum'at, 25 Juni 2021 - 15:49 WIB
loading...
A A A
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pamekasan, juga ikut membantu memasarkan produk hasil kerajinan pelaku usaha Pamekasan melalui jaringan Kadin yang tersebar di seluruh Indonesia. Menyempurnakan model pemasaran yang dilakukan buat produk desa tematik.

Baca juga: Semua Pasien COVID-19 Varian Delta Sembuh, Ini yang Dilakukan RS Lapangan Indrapura

Ketua Kadin Pamekasan, Suhartono menuturkan, selain mampu menekan angka pengangguran , program pembentukan wirausaha baru itu, juga berpotensi mencipkan pelaku usaha mandiri yang pada akhirnya akan mampu menumbuhkan perekomian Pamekasan yang merata dan tersebar di semua desa dan kecamatan.

Melalui program ini, sebaran perputaran ekonomi di Pamekasan tidak akan hanya terpusat di perkotaan saja, tapi juga ke desa-desa. Apalagi pada saat yang sama, Pemkab Pamekasan juga menerapkan program desa tematik, yakni desa harus menetapkan tema pengembangan program berbasis potensi ekonomi desa.

Desa-desa tematik itu kini menjadi pertahanan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 . Masyarakat tetap berdaya dengan produk unggulan yang terus diciptakan dari berbagai kampung kecil di Pamekasan. Mereka menjadikan kampungnya sebagai pusat sarung, songkok, batik, alpukat, sepatu sampai tenun. Dan produk desa tematik itu tak hanya membanjiri pangsa pasar nasional, karena mereka juga rutin untuk memenuhi pasar di luar negeri.
(eyt)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2065 seconds (10.177#12.26)