Desa Tematik Jadi Pemantik Ekonomi Warga di Masa Paceklik

Jum'at, 25 Juni 2021 - 15:49 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Tak Ingin Berdamai, Proses Hukum Pengerebekan Istri dengan Pria Lain di Hotel Dilanjutkan

Desa tematik menjadi kawah harapan baru di Pamekasan untuk bisa terus berdaya . Apalagi sebelumnya angka penangangguran terbuka di Kabupaten Pamekasan ini masih mencapai 3,27, dengan angka kemiskinan yang masih tergolong tinggi, yakni 129,41 ribu jiwa atau sekitar 14,60 persen dari total jumlah penduduk Pamekasan.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menuturkan, gerakan ekonomi kecil yang terus melaju dari berbagai desa bisa menjadi kunci. Desa tematik lebih menekankan pada upaya pemetaan potensi, lalu diorganisir menjadi sebuah kegiatan berbasis ekonomi.

"Sebelum akhirnya bisa membuat produk. Pada desa tematik , titik tekan diperioritaskan pada menggali potensi, sehingga desa tetap menjadi pusat pertumbuhan, dengan memaksimalkan potensi sumber daya alam yang ada di desa itu," kata Tamam, panggilan akrabnya.

Baca juga: 4 Warga Sipil Tewas Ditembak di Yahukimo, Polda Papua Sebut KKB Masih Sandera 4 Warga

Ia melanjutkan, pembentukan WUB dengan target minimal 10 ribu orang bisa menjadi langkah strategis. Warga yang berminat mengembangkan usaha mandiri, bisa bergabung mengikuti program ini. Mereka diberi pelatihan sesuai dengan keinginan jenis usaha yang hendak dikembangkan.

Konsep implementatif melalui teori dan praktik langsung yang diterapkan pada WUB, menjadi sisi yang menarik untuk membuka gerbang rezeki. "Pola pembinaan bukan hanya saat pelatihan, pasca pelatihan hingga para peserta program bisa mandiri dalam menjalankan usahanya," sambungnya.

Tercatat, sepanjang 2020 sebanyak 1.690 warga dari 178 desa dan 11 kelurahan yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan, telah mengikuti program pelatihan ini. Sementara pada 2021, pemkab melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja telah menetapkan anggaran sebesar Rp5,2 miliar untuk 1.600 orang yang dibagi 27 jenis dengan 80 paket pelatihan.

Desa Tematik Jadi Pemantik Ekonomi Warga di Masa Paceklik


Desa tematik terus mengimbas pada masyarakatnya. Selain dibekali alat, Pemkab Pamekasan juga menyediakan pinjaman modal usaha dengan suku bunga sangat rendah, yakni hanya satu persen dari suku bunga normal enam persen.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1109 seconds (10.55#12.26)