Pernah Tangani 100 Kasus Bayi Kembar Siam, dr Agus Harianto Meninggal Dunia

Sabtu, 05 Juni 2021 - 11:56 WIB
loading...
Pernah Tangani 100 Kasus Bayi Kembar Siam, dr Agus Harianto Meninggal Dunia
Kepala Tim Penanganan Kembar Siam RSUD dr Soetomo, dr Agus Harianto SpA(K) saat menangani bayi kembar siam beberapa waktu lalu. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Kepala Tim Penanganan Kembar Siam RSUD dr Soetomo, dr Agus Harianto SpA(K) meninggal dunia pada, (5/6/2021) pukul 03.00 di RSUD dr Soetomo , Surabaya, Jatim. Kabar duka ini disampaikan dr Achmad Y Heryana SpA dalam acara virtual penghormatan terakhir yang diadakan rekan-rekan dr Agus.

Baca juga: Bayi Kembar Siam Hasna-Husna Berhasil Dipisahkan tim Dokter RS Hasan Sadikin

Jenazah akan disucikan di Masjid An Nur untuk kemudian diberangkatkan dari RSUD Dr Soetomo, menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) Keputih. Sebelum menuju TPU Keputih juga akan melewati aula FK Unair untuk penghormatan terakhir.

Baca juga: Pemda Siap Biayai Rp2,5 Miliar untuk Operasi Bayi Kembar Siam Inaya-Anaya

"dr Agus adalah guru yang menjadi panutan karena selalu memberikan waktu luang pada para anak didiknya. Jasa besar beliau adalah membentuk tim bayi kembar siam dan beberapa kali berhasil menjalankan proses pemisahan," ujar dr Achmad.

Diketahui dr Agus Hariyanto, SpA(K), merupakan dokter spesialis anak konsultan yang menangani kasus kembar siam sejak tahun 1990. Selama itu, dokter yang tinggal di perumahan Sutorejo Prima Kelurahan Dukuh Sutorejo Kecamatan Mulyorejo itu sudah menangani lebih dari 100 kasus kembar siam.

Beberapa kasus diantaranya, operasi pemisahan bayi kembar siam Janeeta-Janeetra pada tahun 2009 dan Akila Dewi Syabila-Azila Dewi Sabrina pada tahun 2019. Lalu bayi kembar siam dempet pinggul atau pygopagus Rochman dan Rochim pada September 2010. Pada Agustus 2010 juga menangani operasi pemisahan bayi kembar siam asal Kelurahan Jetis Kecamatan/Kabupaten Lamongan, Rafa dan Rafi.

Kembar siam merupakan sebuah kelainan. Di mana bayi kembar dengan salah satu atau beberapa bagian tubuh saling menempel atau terhubung satu sama lain.

Pada kondisi kembar siam, tubuh kedua bayi dapat menyatu atau terhubung pada salah satu atau beberapa bagian tubuh. Bagian tubuh yang paling sering menyatu adalah kepala, dada, perut, punggung, dan panggul.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4124 seconds (0.1#10.140)