Bayi Kembar Siam Hasna-Husna Berhasil Dipisahkan tim Dokter RS Hasan Sadikin

loading...
Bayi Kembar Siam Hasna-Husna Berhasil Dipisahkan tim Dokter RS Hasan Sadikin
Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung berhasil melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam Hasna dan Husna pada Rabu (7/4/2021). Foto SINDOnews/Arif Budianto
BANDUNG - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung berhasil melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam Hasna dan Husna pada Rabu (7/4/2021). Hingga sore ini, operasi masih berlangsung melibatkan sejumlah tim dokter bedah.

Operasi terhadap bayi kembar siam asal Soreang, Kabupaten Bandung itu dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Dijadwalkan akan selesai pada pukul 17.00 WIB. Hingga berita ini dibuat, proses operasi masih berlangsung, terhadap masing masing bayi.

"Sekitar pukul 12.30 WIB, bayi telah berhasil kami pisahkan, jadi sekitar 2,5 jam. Setelah itu kami pisahkan, untuk melakukan operasi masing masing. Jam 5 targetnya selesai," kata Ketua Tim Dokter Operasi Kembar Siam dr Dikki Drajat Kusmayadi Surachman.

Baca: Pasca Operasi Pemisahan, Gubernur Sumut Pastikan Bayi Kembar Adam-Aris Sehat


Menurut dia, proses pemisahan melibatkan tim dokter bedah plastik, tidak, dan bedah anak. Dimulai oleh tim bedah plastik untuk menggambar pisahkan, kemudian dokter bedah tidak, untuk memisahkan berbagai organ dalam bayi.



"Tim dokter bedah torak dan anak melakukan pemisahan jantung dan liver. Ini juga menjadi tantangan paling berat. Misalnya pemisahan selaput jantung karena selaputnya hanya ada satu," papar dia.

Sejauh ini, kata dia, kondisi kedua kedua bayi cukup stabil, sehingga sedang dilakukan operasi lanjutan untuk masing masing bayi.

"Kalau semua operasi saat ini lancar, termasuk satu anak yang perlu penutup, kalau tidak ada penolakkan, tidak akan ada operasi lagi," katanya.



Setelah ini, kata dia, tim akan melakukan pengawasan secara ketat. Dilakukan pemantauan pernapasan, apakah ada pendarahan, atau lainnya. Sampai dinyatakan stabil, seusianya butuh observasi jam hingga hari, tergantung kondisi bayi.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top