Lolos Uji BPFK, Ventilator Ambu-Bag Airgency ITB Segera Jalani Uji Klinis

Sabtu, 23 Mei 2020 - 21:10 WIB
loading...
A A A
Alat ini juga memiliki fitur bottle peep atau peep and exspiratory pressure. Fungsinya adalah untuk memastikan bahwa tekanan akhir paru-paru tidak boleh nol atau paru-paru pasien terlalu mengempis.

Persiapan Uji Klinis
Selain tim Humas ITB dan tim pembuat Ventilator Airgency, wawancara virtual itu juga dihadiri oleh dr Reza Widianto Sudjud SpAn-KAKV KIC MKes dari Fakultas Kedokteran Unpad.

Reza mengatakan, uji klinis alat ini sudah disampaikan kepada Komite Medik di Kementerian Kesehatan. “Saat ini kami masih menunggu keputusan mengenai kelayakan uji klinis alat atau tidak untuk alat tersebut,” kata Reza.

Ventilator Ambu-bag Airgency, ujar Reza, tidak akan diuji coba langsung ke pasien. Sebab butuh izin dari keluarga pasien. Sementara alat ini diperuntukkan bagi pasien yang berhenti napas atau kondisi kritis.

“Rasanya tidak mungkin jika dilakukan kepada pasien langsung. Oleh karena itu kami akan membandingkan Ventilator Ambu-bag Airgency dengan ventilator yang dipompa oleh tangan manusia secara manual. Dan yang akan dinilai adalah tidal volume, tekanannya dan lain-lain,” ujar dia.

Saat uji klinis, tutur Reza, alat Ventilator Ambu-bag Airgency yang dibutuhkan adalah alat yang sudah dilakukan tes fungsi. Namun tidak hanya satu, tapi akan diuji dari beberapa alat yang sama sehingga bisa dipastikan bahwa ventilator ini dapat diperbanyak dan digunakan.

Tempat uji klinis rencananya akan dilakukan di Laboratorium FK Unpad. “Pembuatan alat ini adalah niat baik dari kita untuk saling menolong. Karena masing-masing orang ‘kan memiliki kemampuan berbeda, tapi tetap saling membantu. Tapi harapan saya, jangan hanya saat pandemi COVID-19, kita harus maju terus dalam produksi alat yang buatan kita sebagaimana yang diharapkan pemerintah,” pungkas Reza.
(awd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)