Misteri Macan Putih di Candi Mleri dan Silangsengkarut Anak Turunan Ken Arok

Jum'at, 19 Maret 2021 - 05:00 WIB
loading...
Misteri Macan Putih di Candi Mleri dan Silangsengkarut Anak Turunan Ken Arok
Komplek Candi Mleri di Desa Desa Bagelenan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Foto/SINDOnews/Solichan Arif
A A A
BLITAR - Keheningan di bukit itu membawa damai. Di puncaknya berdiri kokoh Candi Mleri atau juga dikenal dengan nama Waleri. Angin berhembus ringan, menyapa kegerahan bagi siapapun yang usai mendakinya.



Aura mistis akan sangat terasa ketika memasuki halaman candi yang dipercaya menjadi tempat persemayaman salah satu Raja Singhasari, Wisnuwardhana . Sebuah relief bergambar harimau terpahat di salah satu bagian makam.



Harimau tersebut, dipercaya oleh banyak orang sebagai perwujudan Macan Putih atau harimau berwarna putih. Beberapa peziarah, juga acap kali menceritakan kehadiran macan putih di area pemakaman tersebut.



Kehadiran macan putih yang ditemui para peziarah tersebut, juga diakui juru pelihara candi Mleri, Ny Sunarni (61). Candi Mleri sendiri berada di Desa Bagelenan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Dari Kota Blitar, berjarak sekitar 15 km. Lokasinya tidak jauh dari kawasan Gunung Pegat .

Puncak perbukitan setinggi 200-an meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut, diyakini sebagai pertapaan Dewi Kilisuci , putri sulung Prabu Airlangga, Raja Kahuripan. Mleri merupakan toponimi kuno Desa Bagelenan. Di masa kerajaan Kadiri, yakni pada kurun waktu 1091 saka atau 1169 masehi, Mleri berstatus sebagai desa perdikan atau desa merdeka pajak.

Mleri menjadi kawasan Mandala Karesian atau pusat pertapaan dan pendidikan Kaum Resi (1120 saka atau 1198 masehi). Pada tahun 1237 saka atau selama 185 tahun (1315-1500 masehi) di era Kerajaan Majapahit, Mleri menjadi tempat beribadah sekaligus tempat tinggal para resi. Prasasti Meleri (1091 saka) dan Prasasti Subashita (1120 saka) telah mengarsipkannya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)