Infection Center Akan Dibangun di Kabupaten Gowa

Kamis, 18 Maret 2021 - 15:59 WIB
loading...
Infection Center Akan Dibangun di Kabupaten Gowa
Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat berada di RSUD Syekh Yusuf baru-baru ini. Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa segera membangun infection center untuk melengkapi layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Gowa.

Bupati Gowa , Adnan Purichta Ichsan mengatakan, infection center digagas untuk menangani pasien Covid-19 dan pasien infeksi lain seperti infeksi hepatitis.



Apalagi tahun ini, penganggaran mengalami refocusing untuk bidang kesehatan yang difokuskan pada penangan Covid-19 .

Hal ini kata Adnan dilakukan mengingat pandemi yang tidak diketahui kapan berakhir. Dengan adanya infection center ini, semua masyatakat Kabupaten Gowa tidak perlu lagi dirawat di Makassar.

"Tahun ini kita lanjutkan pembangunan RSUD Syekh Yusuf khusus infection center . Kita berharap rumah sakit ini kedepan melakukan perawatan Covid khususnya masyarakat Kabupaten Gowa sehingga tidak perlu dirujuk ke rumah sakit yang ada di Makassar," ungkapnya, Kamis (18/3/2021).



Infection center sendiri lanjut Adnan akan didirikan di gedung lama RSUD Syekh Yusuf yang berseberangan dengan gedung perawatan 8 lantai Ichsan Yasin Limpo yang baru diresmikan beberapa waktu lalu.

Menurut bupati dua periode ini, infection center juga akan dilengkapi dengan fasilitas polymerase chain reaction (PCR) yakni pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi material genetik dari sel, bakteri, atau virus.

Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit Covid-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus corona.



Plt RSUD Syekh Yusuf , dr Hasanuddin menuturkan, infection center akan dibangun tahun ini dengan gedung berlantai dua. Nantinya infection center juga akan menyediakan berbagai kelas perawatan, mulai kelas 2, kelas 3, maupun kelas 4.

"Sementara kita hitung berapa anggaran yang dibutuhkan dan berapa kamar kira-kira yang bisa kita buat nanti," tandasnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6274 seconds (0.1#10.140)