Balai Besar Veteriner Maros Siap Uji Sampel Swab Covid-19

Senin, 18 Mei 2020 - 15:00 WIB
loading...
Balai Besar Veteriner Maros Siap Uji Sampel Swab Covid-19
Bupati Maros Hatta Rahman saat meninjau kesiapan Balai Besar Veteriner Maros untuk menjadi laboratorium uji sampel swab pasien covid-19. Foto/SINDOnews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Bupati Maros, Hatta Rahman, melakukan kunjungan ke Balai Besar Veteriner Maros pada Senin (18/5/2020). Kunjungan ini dilakukan terkait kesiapan instansi ini dalam menguji sampel swab pasien virus corona baru alias covid-19.

Kunjungan Bupati Hatta diterima langsung oleh Kepala Balai Besar Veteriner Maros, Risman Mangidi. Pihak balai memastikan siap menerima dan menguji sampel swab pasien covid-19 mulai Rabu mendatang.



Risman mengatakan pihaknya sudah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan melalui surat ke Gubernur Sulsel. “Termasuk kami sudah terima surat tugas dari Kementerian Pertanian melalui Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk mulai bertugas,” ujarnya.

Risman menjelaskan Balai Besar Veteriner Maros telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Sulsel terkait pembagian wilayah tugas yang meliputi tiga kabupaten yakni Maros, Pangkep dan Barru.

“Hasil koordinasi kami sebernarnya diminta mulai hari ini untuk mulai menerima sampel tapi kami tentu harus benar-benar siap untk memulai dan memisahkan sampel dari hewan dan sampel manusia agar semua berjalan baik dan menyempurnakan kesiapan hari ini dan besok maka kami meminta agar uji sampel covid-19 mulai Rabu mendatang,” jelasnya.

Risman menambahkan berdasarkan rapat laboratorium BB Vet Maros pihaknya bisa menerima sampai 50 sampel per hari dengan rencana kerja dari Senin sampai Jumat sesuai jam kerja kantor. “Sementara kami mampu menerima sampai 50 sampel, tapi kami tetap melihat kemampuan tim jika memadai bisa lebih,” paparnya.

Sebanyak 20 orang tim covid-19 disiapkan oleh BB Vet untuk bekerja setiap Senin sampai Jumat.

Sementara itu, Bupati Maros, Hatta Rahman, mengatakan kunjungannya hari ini untuk melihat kesiapan tim dari balai melakukan uji sampel covid-19. Toh, Pemkab Maros telah menyurat ke kepala balai untuk dilakukan pengujian mengingat di Makassar pengujian sangat padat.

Baca Juga: Larutan Uji Covid-19 Langka, Pemeriksaan Laboratorium Mulai Terbatas

“Kita berharap setelah BB Vet ini bisa menerima sampel maka hasilnya bisa cepat keluar karena selama ini di Makassar hasilnya baru keluar sampai satu minggu. Ada pasien yang meninggal tapi hasil swabnya belum keluar dan ada juga sudah kontak erat di keluarganya tapi belum keluar hasilnya dan ternyata positif akhirnya satu keluarga positif."

"Kita berharap dengan hasil yang keluar lebih cepat maka tindakan kita juga bisa lebih cepat mengantisipasi pasien positif,” pungkasnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)