Panjat Tembok Setinggi 4 Meter, 3 Napi Anak di Lapas Kelas II Maros Kabur

Senin, 12 Desember 2022 - 20:23 WIB
loading...
Panjat Tembok Setinggi 4 Meter, 3 Napi Anak di Lapas Kelas II Maros Kabur
Tiga narapidana (napi) anak di Lembaga Pembinaan (Lapas) Khusus Anak kelas II Maros, Sulsel, kabur setelah berhasil memanjat tempok setinggi empat meter, pada Minggu (11/12/2022) pagi. Foto Wahyu Ruslan
A A A
MAROS - Tiga narapidana (napi) anak di Lembaga Pembinaan ( Lapas ) Khusus Anak kelas II Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), kabur setelah berhasil memanjat tempok setinggi empat meter, pada Minggu (11/12/2022) pagi. Mereka lolos saat petugas jaga lengah di waktu hendak sarapan pagi.

Aksi ketiga warga binaan yang masih berusian belasan itu sempat terekam Closed Circuit Television (CCTV). Dari rekaman CCTV terlihat mereka kabur setelah memanjat tembok, kemudian meloncat dari pagar berduri.

Kepala Lapas Khusus Kelas II Maros Mildar mengatakan, para warga binaan ini kabur dengan memanfaatkan kelengahan petugas jaga.
"Seluruh kamar dibuka untuk anak aktivitas dengan persiapan sarapan pagi. Di situ mereka memanfaatkan kelengahan petugas dengan memanjat tembok. Setelah itu mereka langsung kabur," katanya, Senin (12/12/2022).

Ketiga warga binaan yang kabur yakni berinisial YS (17), dan AY (17) merupakan warga asal Kabupaten Luwu, Sulsel yang terlibat dalam kasus pelecehan seksual dan telah divonis penjara selama dua tahun, dan sudah dijalani selama tujuh bulan.

Sementara satu napi lainnya yakni berinisial SI (17), warga asal Kabupaten Barru, Sulsel yang terlibat dalam kasus pencurian telah divonis selama 10 bulan penjara dan sudah telah menjalani masa hukuman selama tiga bulan.

Dia mengatakan, para napi ini melarikan diri dengan cara memanjat dua tembok tinggi empat meter lalu meloncat dari pagar berduri yang berada di belakang blok sel. "Kemudian kabur melalui tembok samping lapas khusus anak kelas dua Maros menggunakan kayu bekas," ujarnya.

Saat kejadian, diduga salah satu petugas jaga yang berada di pos atas sedang beristirahat usai jaga piket di malam hari sehingga tidak melihat saat tiga narapidana ini kabur melalui tembok samping Lapas Khusus kelas II Maros.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)